Advertisement

OTT Tak Bikin Jera, Pemilik Toko di Malioboro Masih Hobi Nyampah

Salsabila Annisa Azmi
Sabtu, 21 Juli 2018 - 20:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
OTT Tak Bikin Jera,  Pemilik Toko di Malioboro Masih Hobi Nyampah Suasana di sekitar kawasan pertokoan Malioboro, Sabtu (7/7/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kesadaran buang sampah pada tempatnya di kawasan Malioboro masih susah terlaksana bagi pemilik toko. Meskipun operasi tangkap tangan buang sampah sembarangan sudah dilakukan rutin, pihak UPT Malioboro mengakui masih sering kecolongan sampah dari toko.

Kepala UPT Malioboro Ekwanto mengatakan, pihaknya sudah rutin mengupayakan edukasi kepada para pemilik toko, pedagang kaki lima (PKL) dan wisatawan. Menurut Ekwanto, volume sampah di Malioboro sudah menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Advertisement

"Tapi masih ada yang mindset-nya sini sudah bayar pajak jadi bebas mau buang sampah di mana. Kalau enggak ketahuan, ya yang masih suka buang sampah pemilik toko," kata Ekwanto, Sabtu (21/7/2018).

Ekwanto mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali operasi tangkap tangan pemilik toko yang buang sampah di emperan toko. Mereka kemudian dipaksa mengambil kembali tumpukan sampah dan membuangnya ke tempat pembuangan sampah (TPS) sementara.

"Kami coba minimalisir dengan sosialisasi. Meskipun kalau mereka ketahuan buang sampah sembarangan harus adu argumen dulu," kata Ekwanto.

Kesadaran buang sampah pada tempatnya pernah disinggung GKR Hemas saat meninjau kawasan jalur pedestrian beberapa hari lalu. Menurutnya kesadaran masyarakat dan wisatawan untuk buang sampah pada tempatnya masih rendah. GKR Hemas mengkhawatirkan kondisi drainase di Malioboro yang mampet karena sampah.

Terkait dengan rendahnya kesadaran tersebut, Hemas menyarankan harus ada petugas yang selalu siap sedia mengawasi pergerakan para turis, minimal selama 12 jam. Mereka harus selalu mengingatkan wisatawan jika hendak buang sampah sembarangan.

"Akhir tahun ini, dengan selesainya penataan sisi barat, Malioboro harus jadi lebih nyaman," kata Hemas beberapa hari lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement