Advertisement

RSKIA Sadewa Resmikan Unit Khusus Bayi Tabung

Irwan A Syambudi
Senin, 30 Juli 2018 - 23:17 WIB
Nina Atmasari
RSKIA Sadewa Resmikan Unit Khusus Bayi Tabung Bupati Sleman Sri Purnomo (keempat dari kiri) menandatangani prasasti saat peresmian gedung Sadewa IVF Center di RSKIA Sadewa, Caturtunggal, Depok, Senin (30/7/2018). - Harian Jogja/Irwan A. Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Sadewa meresmikan gedung baru Sadewa In vitro fertilisation (IVF) Center atau unit khusus bayi tabung. Unit tersebut merupakan yang pertama di DIY untuk RS Swasta.

Dalam acara peresmian yang diselenggarakan di RSKIA Sadewa, Caturtunggal, Depok, Senin (30/7/2018) itu dihadiri sejumlah pejabat. Selain Bupati Sleman, Sri Purnomo yang meresmikan langsung, hadir pula Direktur RSKIA Sadewa, Wiwik Lestari, Direktur PT Semar Bakti Husada Prima, Romzy Azmy L., serta Dewan Pengawas RSKIA Sadewa, yang juga Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo.

Advertisement

Wiwik dalam sambutanya mengatakan pembangunan gedung Sadewa IVF Center sudah direncanakan sejak awal 2017. "Tidak hanya membangun aset [gedung] kami juga menyiapkan SDM [sumber daya manusia], karena SDM yang handal kami rasa penting," ujarnya, Senin.

Lanjutnya lagi dengan telah diresmikannya gedung Sadewa IVF Center ini, maka pelayanan bayi tabung sudah dapat dilakukan. Kendati masih perlu sejumlah penyempurnaan, tetapi layanan khususnya fasilitas ruangan sudah memenuhi standar dan sesuai aturan.

"Kami tentunya mengupayakan keberhasilan kepada seluruh pasien. Tetapi Kami manajemen juga akan mendukung yang gagal [dalam program bayi tabung], karena memang menurut data keberhasilan program bayi tabung hanya 30%," ujar Wiwik.

Hasto Wardoyo menambahkan bahwa layanan bayi tabung ini akan menjadi unggulan RSKIA Sadewa. Pasalnya di DIY sendiri selama ini baru ada satu layanan bayi tabung, itupun di RS milik pemerintah yakni RSUP Sardjito. "IVF Center ini menjadi unggulan karena di DIY baru ada di RS Pemerintah," katanya.

Menurutnya pembangunan IVF center adalah bagian dari perjuangan karena tidak selalu mendatangkan revenue. Pembangunan ini semata-mata untuk memenuhi layanan kesehatan bagi masyarakat sehingga tidak perlu lagi untuk mengikuti program bayi tabung hingga luar negeri.

"Kami memiliki tim dokter yang handal di bidangnya," ujar Hasto. Tim dokter khusus program bayi tabung yang dimiliki oleh RSKIA Sadewa antara lain adalah dokter konsultan fertilitas, embriolog, dan androlog.

Sementara itu, Sri Purnomo menyambut baik dan memberikan ucapan selamat atas peresmian gedung Sadewa IVF Center. Menurutnya dengan adanya layanan  unggulan program bayi tabung ini semakin melengkapi pelayanan kesehatan di Sleman.

"Dengan adanya IVF tentunya sungguh bangga. Dimana-mana selalu saya promosi Sleman tidak hanya sebagai kota pelajar tapi juga kota kesehatan karena ada 28 RS di Sleman dan Sadewa melengkapinya dengan layanan IVF," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement