Advertisement

Jelang Iduladha, Jogja Waspada Sapi Gelonggongan

Salsabila Annisa Azmi
Jum'at, 03 Agustus 2018 - 11:37 WIB
Nina Atmasari
Jelang Iduladha, Jogja Waspada Sapi Gelonggongan Ilustrasi sapi - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Menurut pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh tim Iduladha Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja, Kota Jogja masih dinilai aman dari peredaran sapi gelonggongan. Pemeriksaan fokus Iduladha terhadap peredaran sapi gelonggongan akan dimulai 10 hari sebelum Iduladha.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja Sugeng Darmanto mengatakan setiap hari pihaknya melaksanakan pemeriksaan peredaran daging sapi gelonggongan di seluruh pasar yang ada di Kota Jogja. Sejauh ini Kota Jogja masih dinyatakan aman.

Advertisement

"Untuk daging sapi gelonggongan, Kota Jogja aman. Kalau pemeriksaan sapi gelonggongan, akan kami laksanakan 10 hari jelang Iduladha," kata Sugeng, Kamis (2/8/2018).

Sugeng mengatakan pemeriksaan akan dilaksanakan di seluruh titik penjualan hewan kurban yang sudah selesai didata. Khusus untuk penjualan hewan kurban yang ada di pinggir jalan, Sugeng mengatakan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan tersendiri seminggu sebelum Iduladha.

Lebih jauh Sugeng mengatakan agar masyarakat tetap waspada terhadap peredaran daging gelonggongan. Saat Iduladha nanti masyarakat diharapkan dapat membedakan daging sehat dengan daging sapi gelonggongan.

"Alangkah lebih baik selalu dicek dulu, kami juga sudah ingatkan ke panitia kurban. Kalau daging gelonggongan itu warnanya pucat, lebih basah, dan tidak tercium aroma khas daging sapi," kata Sugeng.

Lebih jauh Sugeng mengatakan lalu lintas hewan kurban mulai diawasi bulan ini. Artinya seluruh hewan kurban yang keluar dan masuk kota jogja diadakan pemeriksaan terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Izin Tinggal Peralihan Jembatani Proses Transisi Izin Tinggal WNA di RI

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement