Advertisement

Waduh, 70% Wilayah Konservasi Sermo Berpotensi Terbakar

Beny Prasetya
Minggu, 05 Agustus 2018 - 11:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Waduh, 70% Wilayah Konservasi Sermo Berpotensi Terbakar Kebakaran lahan di Dusun Tlogoplelo, Hargomulyo, Kokap Kulonprogo Kamis (2/8/2018). - Ist/Polsek Kokap

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY menyatakan 70% wilayah konservasi Sermo berpotensi tinggi terbakar. Saat ini, hutan dalam wilayah tersebut mengalami kekeringan dan pohon-pohonnya telah meranggas.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I, BKSDA DIY Untung Suripto menyatakan, sekitar 70% dari 184,99 hektare lahan konservasi Sermo mudah dipicu kebakaran. Bahkan risiko terbakarnya hutan perlindungan satwa tersebut semakin tinggi karena banyak wisatawan datang dan mampir di tepi jalan seputar wilayah konservasi Sermo.

Advertisement

"Sekitar 70 persen kawasan mengalami kekeringan, dan mudah tersulut api, terus yang lewat Sermo atau nongkrong sering merokok dan bahaya jika membuang puntung sembarangan," katanya Sabtu (4/8/2018).

Menurutnya, banyak pohon di dalam kawasan itu yang meranggas dan menumpuk daun dan ranting kering di tanah. Hal tersebut membuat wilayah hutan lindung tersebut mudah terkabar. Sebagai tempat habitat banyak hewan yang dilindungi, kebarakan tersebut akan menggangu habitat dan ekosistem hewan di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement