Jogja Jadi Tuan Rumah Pertemuan Komunitas Google Local Guides Seluruh Indonesia

Komunitas Yogyakarta Local Guides (YLG). - Ist/Yogyakarta Local Guides (YLG)
09 Agustus 2018 23:17 WIB Nina Atmasari Jogja Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA- Jika anda membuka Google Maps dan mencari sebuah tempat misal restoran anda akan menemukan ulasan dan foto-foto tempat tersebut mulai dari menu, suasana, bahkan informasi jam buka dan jam tutup.

Komunitas local guideslah yang melakukan hal tersebut. Local guides adalah para penjelajah yang menulis ulasan, berbagi foto, menjawab pertanyaan, menambah atau mengedit tempat, dan memeriksa fakta di Google Maps.

Komunitas ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Local Guides sering mengadakan meet up dalam bentuk foodcrawl, photowalk, geowalk atau map editing.

Di Jogja sendiri komunitas local guides bernama Yogyakarta Local Guides (YLG). Komunitas ini berusia satu tahun pada tanggal 8 Juli 2018. Pada tanggal 10-12 Agustus 2018

Yogyakarta Local Guides (YLG) akan menjadi host diselenggarakannya Meet Up Nusantara 2 (MUN 2) Indonesia Local Guides.

Ketua Panitia, Binar Atmaja mengatakan Meet up Nusantara adalah pertemuan terbesar local guides seluruh Indonesia. "Komunitas global para penjelajah yang menulis ulasan, berbagi foto, menjawab pertanyaan, menambah atau mengedit tempat, dan memeriksa fakta di Google Maps," katanya, dalam rilis, Kamis (9/8/2018).

Tahun ini adalah tahun kedua diselenggarakan MUN yang sebelumnya diselenggarakan Agustus 2017 di Kota Batu, Jawa Timur.

Dalam MUN 2 YLG bekerjasama dengan bebagai komunitas di Yogyakarta. Agenda hari pertama adalah Malioboro Heritage Photowalk bekerjasama dengan komunitas Malam Museum.

Selanjutnya adalah Yogyakarta Heritage Challenge yang bekerjasama dengan hotel-hotel di Jogja. Agenda hari kedua adalah Geowalk di beberapa tempat di Mangunan. Di tempat ini para local guides dapat membantu mengangkat potensi lokal pariwisata di Mangunan serta memberiinformasi di Google Maps.

Hari ketiga, 12 Agustus 2018 bertepatan dengan Hari UMKM Nasional, MUN 2 membuka kesempatan bagi publik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu local guides, Street View dan GoogleMy Business.

Dalam menyambut Hari UMKM, Google Indonesia meluncurkan program #GiniGiniGo Online yaitu mengajak UMKM untuk go online melalui Google My Business. Harapan kami sebagai penyelenggara, Meet Up Nusantara 2 Indonesia Local Guidesini dapat memberi manfaat bukan saja bagi local guides, tapi bagi juga bagi masyarakat.

Ad Tokopedia