Advertisement

Jelang Iduladha, DPP Prioritaskan Pemeriksaan Hewan Kurban di 7 Kecamatan

Beny Prasetya
Minggu, 12 Agustus 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Jelang Iduladha, DPP Prioritaskan Pemeriksaan Hewan Kurban di 7 Kecamatan Ilustrasi. - Solopos/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Menjelang Hari Raya Iduladha Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulonprogo memeriksa sejumlah hewan kurban hingga ke level peternakan. Sentra peternakan yang tersebar di tujuh kecamatan bakal menjadi target pemeriksaan.

"Pemeriksaan kami lakukan di wilayah yang banyak terdapat penampungan hewan kurban yang ada di tujuh kecamatan di Kulonprogo," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) DPP Kulonprogo, Drajat Purbadi, Sabtu (11/8/2018).

Advertisement

Ia menjelaskan tujuh wilayah yang menjadi sasaran pemeriksaan masing-masing Kecamatan Sentolo, Lendah, Galur, Panjatan, Nanggulan, Temon, dan Wates. Kecamatan lain seperti Samigaluh, Kalibawang, dan Nanggulan rencananya bakal disasar setelah pemeriksaan di tujuh kecamatan selesai dilakukan. "Penampungan hewan kurban terbesar di Kulonprogo tersebar di tujuh kecamatan itu, sehingga kami prioritaskan," kata Drajat.

Menurut Drajat jajarannya telah memeriksa hewan kurban di Kecamatan Kokap, beberapa waktu lalu. Sebanyak 48 ekor sapi serta 20 ekor kambing siap kurban yang ada di 11 tempat penampungan telah diperiksa. "Hasil tidak ditemukan adanya hewan kurban yang sakit. Semua aman dan siap untuk disembelih," katanya.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmasvet) DPP Kulonprogo, Hari Suryanto, mengungkapkan permasalahan kesehatan hewan kurban secara mental dan fisik harus diperhatikan. Bahkan menurutnya sanitasi kandang sementara sebelum hewan kurban disembelih juga wajib diperhatikan. "Hewan kurban yang akan disembelih harus dalam kondisi sejahtera dan dihindarkan dari stres," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Google Kembali Pecat Karyawan yang Protes Proyek Kerja Sama dengan Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement