Advertisement

Tidak Usah Cemas, Stok Hewan Kurban di Bantul Aman

M115
Rabu, 15 Agustus 2018 - 14:50 WIB
Bhekti Suryani
Tidak Usah Cemas, Stok Hewan Kurban di Bantul Aman Ilustrasi penjual kambing untuk Iduladha. - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL– Pemerintah Kabupaten Bantul menjamin stok hewan kurban di Kabupaten Bantul untuk Hari Raya Iduladha 1439 aman.

Pada selasa (14/8/2018) pemkab Bantul memantau ketersediaan hewan kurban di Pasar Hewan Imogiri. Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan Dan Perikanan Bantul Pulung Haryadi memantau langsung ketersediaan dan juga kesehatan hewan kurban.

Advertisement

Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul Pulung Haryadi mengatakan, kebutuhan hewan kurban sesuai dengan data tahun-tahun sebelumnya.

“Pada tahun-tahun sebelumnya, kira-kira kita membutuhkan liam ribu sapi dan 10.000 kambing. Ini rata-rata setiap tahun. Kalau melihat ketersediaannya aman tidak ada masalah," kata Pulung Haryadi, Selasa.

Terkait dengan kesehatan hewan kurban yang menjadi fokus perhatian Pemkab Bantul, ia meminta masyarakat yang mengonsumsi daging tidak perlu cemas ataupun khawatir ihwal kesehatan daging hewan kurban.

Pemerintah telah menyiapkan dokter maupun paramedis untuk bertugas memeriksa layak tidaknya hewan kurban untuk disembelih.

“kami akan kerahkan sekitar 150 dokter dan paramedik Bantul maupun bantuan dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM untuk pemeriksaan, Kami juga melibatkan Majelis Ulama Indonesia [MUI] Bantul untuk melakukan Diklat kepada 100 takmir masjid di Bantul. Hewan yang disembelih memenuhi secara syari' dan secara kesehatan terjaga," ujarnya.

Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih berharap dengan pihaknya turun langsung memantau, stabilitas harga dan ketersediaan komoditas strategis maupun hewan kurban agar kondisinya terkendali. Sehingga masyarakat Bantul bisa terpenuhi kebutuhan dengan harga relatif terjangkau.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement