Harian Jogja dan Yayasan Pendidikan Astra Kenalkan Jurnalistik Pada Siswa Sejak Dini

Puluhan siswa dari sejumlah sekolah di DIY saat berkunjung ke Kantor Harian Jogja, Kamis (16/8 - 2018). Kunjungan untuk belajar jurnalistik tersebut merupakan kerja sama Harian Jogja dengan Yayasan Pendidikan Astra Indonesia.
16 Agustus 2018 14:50 WIB Bhekti Suryani Jogja Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA- Puluhan siswa dari sejumlah sekolah di Bantul dan Gunungkidul belajar jurnalistik bersama Harian Jogja dan Yayasan Pendidikan Astra.

Pelatihan jurnalistik yang digelar, pada Kamis (16/8/2018) ini diikuti 36 siswa dari tiga sekolah. Yakni siswa dari SMPN 4 Pandak dan SMKN 1 Pandak Kabupaten Bantul serta siswa dari SMPN 2 Gedangsari, Gunungkidul.

Pelatihan pada Kamis pagi dipusatkan di SMPN 4 Pandak. Para siswa pertama-tama dikenalkan dengan dunia jurnalistik, bagaimana menulis berita serta berkunjung langsung ke Kantor Harian Jogja di Jalan AM Sangaji No.41, Kota Jogja.

Pada pertemuan yang digelar di Jogja, Wisnu Wardhana selaku perwakilan dari Harian Jogja mengenalkan bagaimana proses pembuatan berita hingga proses produksi di percetakan.

Kegiatan jurnalistik yang digelar Kamis merupakan kali kedua setelah sebelumnya, Harian Jogja bersama dengan Yayasan Pendidikan Astra juga menggelar pelatihan serupa dengan sejumlah sekolah di DIY.

Eko Widodo, salah satu guru yang mendampingi para siswa dari SMPN 4 Pandak mengungkapkan, pentingnya pelatihan jurnalistik dikenalkan kepada siswa sejak dini bahkan sejak duduk di bangku SMP.

Harapannya kata dia, setelah pelatihan para siswa dapat terampil menulis artikel. Keterampilan itu berguna dalam banyak hal seperti untuk menulis karya ilmiah, serta keperluan penerbitan majalah dinding.

“Majalah dinding itu setiap tahun kami lombakan, harapannya siswa bisa menulis untuk keperluan majalah dinding maupun karya ilmiah,” kata Eko Widodo.

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia