Advertisement

Ingat, Harus Jeli Saat Memilih Hewan Kurban

Jalu Rahman Dewantara
Sabtu, 18 Agustus 2018 - 21:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Ingat, Harus Jeli Saat Memilih Hewan Kurban Petugas pemantau kesehatan hewan kurban Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja melakukan pemeriksaan kesehatan kambing di Jalan Pramuka, Jumat (9/8/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul mengimbau masyarakat untuk jeli memilih hewan kurban.

Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), DPP Gunungkidul Retno Widiastuti mengatakan, hewan ternak untuk kurban yang baik dapat dilihat dari berbagai aspek meliputi kepala tegap berdiri, mata bening, feses tidak berdarah, air kencing kuning, nafas normal.

Advertisement

"Selain itu juga tidak bermasalah ketika gerak, gusi merah muda, tidak bersuara menahan sakit, gigi tidak gemeretak, punggung tidak lurus," ucap Retno, Sabtu (18/8/2018).

Adapun dari aspek ketentuan syariat Islam, syarat yang perlu dipenuhi yaitu hewan tidak pincang, tidak buta, telinga tidak rusak serta ternak berumur lebih dari dua tahun.

Retno juga mengimbau kepada para pedagang ternak untuk menjual ternaknya yang telah mengalami poelu. Dia menjelaskan, poelu adalah kondisi hewan ternak kurban yang telah mengalami pergantian gigi.

"Dari itu kami bisa mengestimasi umur kambing atau sapi," katanya.

Sementara itu, terkait penyakit, Kepala DPP Gunungkidul Bambang Wisnu Broto mengklaim hingga hari ini belum ada laporan hewan ternak yang berpenyakit.

Dia menjelaskan, menjelang iduladha ini jumlah hewan ternak di Gunungkidul mencapai 4000 hewan. Adapun untuk harga ternak di peternak sekitar Rp20,5 hingga Rp22 juta.

"Ada juga yang Rp19 juta, tergantung kualitas," kata Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Batas Jabatan Kian Dekati Ujungnya, Jokowi Berambisi Tambah Saham di PT Freeport

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement