Advertisement

My Fun Activities Membangun Kemandirian pada Anak Sejak Dini

Holy Kartika Nurwigati
Kamis, 20 September 2018 - 07:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
My Fun Activities Membangun Kemandirian pada Anak Sejak Dini Siswa Grade I Olifant Elementary School merasakan pengalaman pertama menginap bersama dengan teman-teman dan guru selama satu malam di sekolah pada Jumat-Sabtu (14-15/9). - Ist./Olifant School

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Para siswa Grade I Olifant Elementary School merasakan pengalaman pertama menginap bersama dengan teman-teman dan guru selama satu malam di sekolah. Kegiatan ini dikemas dengan Lock In 2018, My Fun Activities yang merupakan Special Program Roadmap Sociopreneur Olifant School.

Kegiatan tersebut berlangsung pada 14-15 September 2018 yang menjadi kegiatan tahunan. Berbagai kegiatan seru dan menarik dilakukan para siswa, bersama guru dan didampingi oleh para orang tua.

Advertisement

"Tujuan kami mengadakan kegiatan ini, untuk melatih kemandirian anak, terutama kemandirian sehari-hari," ujar Vice Principal of Students Affair Olifant School Isya Primaruti dalam rilisnya, Rabu (19/9).

Selama mengikuti kegiatan, anak-anak belajar untuk mengelola kebutuhan pribadinya sendiri. Dimulai dari menyiapkan peralatan makan, peralatan mandi, mempersiapkan baju yang akan dikenakan, menata tempat tidur, mengelola barang pribadi, termasuk buku dan mainan yang dibawa dari rumah.

Isya menambahkan selain melatih kemandirian, keberanian anak-anak akan turut terbentuk melalui kegiatan tersebut. Sekolah menjadi rumah kedua bagi anak-anak. Kenyamanan, rasa memiliki dan rasa aman penting bagi anak dalam menikmati lingkungan sekolah, sehingga diharapkan akan mendukung keberhasilan belajar anak di sekolah.

"Karena sekolah sebagai tempat yang menyenangkan sudah menjadi bagian dari diri mereka. Interaksi yang dibangun antara anak-anak dan guru menjadi stimulasi yang sangat baik bagi mereka untuk meningkatkan kepercayaan, rasa memiliki dan rasa aman terhadap sekolah," jelas Isya.

Anak-anak diajak melakukan berbagai kegiatan dalam program ini. Termasuk mengenalkan anak pada beberapa permainan tradisional. Isya mengungkapkan kegiatan yang dilakukan anak-anak juga meliputi rutinitas yang semestinya dilakukan anak setiap harinya.

"Program Lock In tersebut disambut baik orang tua. Karena menurut mereka kegiatan tersebut dapat membantu orangtua membangun karakter kemandirian pada anak. Diharapkan anak-anak denan pendampingan orangtua juga dapat terus mengasah kemandirian mereka dalam kegiatan harian di rumah," papar Isya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement