Advertisement

GEMPA PALU: DPD PDIP Kerahkan Semua Kader untuk Galang Bantuan

Sunartono
Selasa, 02 Oktober 2018 - 10:20 WIB
Arief Junianto
GEMPA PALU: DPD PDIP Kerahkan Semua Kader untuk Galang Bantuan Ketua DPD PDIP DIY Bambang Praswanto (tengah) dan Yuni Satia Rahayu (kiri) dan Eko Suwanto (kanan) saat memberikan keterangan pers terkait dengan gempa Palu dan Donggala, Senin (1/10/2018). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DIY mengerahkan semua kader untuk memberikan bantuan kepada korban gempa tsunami Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Selain memberikan bantuan langsung ke lokasi bencana, PDIP berupaya untuk mengupayakan bantuan bagi mahasiswa Sulteng yang berada di Jogja.

Ketua DPD PDIP DIY Bambang Praswanto menjelaskan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan jajarannya, DPD PDIP DIY akan mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki dalam upaya memberikan bantuan kepada korban gempa tsunami di Palu dan Donggala. Bambang menegaskan tindakan itu sepenuhnya murni dilakukan atas dasar kemanusian, mengingat kondisi Palu dan Donggala yang sangat memprihatinkan pasca terjadinya musibah itu.

Advertisement

"Akan upayakan yang kami punya untuk saudara kami di Palu, Donggala, baik dukungan moral maupun material. Kami sudah koordinasi juga dengan DPD PDIP Sulteng untuk pengiriman bantuan seperti pakaian, makanan dan materi lainnya," kata dia saat menggelar jumpa pers di Kantor DPD PDIP DIY, Senin (1/10/2018).

Wakil Ketua DPD PDIP DIY Eko Suwanto mengatakan pihaknya akan mengerahkan sumber daya yang dimiliki melalui anggota legislatif termasuk Fraksi PDIP dalam memberikan sumbangan ide gagasan kepada pemerintah daerah terkait dengan gempa Palu dan Donggala. Selain lokasi bencana, hal lain yang harus dipikirkan adalah keberadaan ribuan mahasiswa Sulteng yang berada di Jogja yang juga harus dipikirkan.

Melalui Komisi A DPRD DIY, pihaknya sudah koordinasi dengan Dinas Kominfo DIY untuk memberikan fasilitas wifi gratis sebagai akses informasi agar para mahasiswa ini dapat menjalin komunikasi dengan keluarga mereka. Mengingat banyak mahasiswa Sulteng di Jogja yang belum dapat berkomunikasi dengan keluarganya. "Termasuk nanti mengupayakan biaya hidup dan biaya kuliah mereka ini. Mereka sudah banyak kehabisan uang, belum dapat kiriman karena belum bisa tersambung dengan keluarga," katanya.

Sekretaris DPD PDIP DIY Yuni Satia Rahayu memastikan pihaknya sudah berkoordinasi dengan DPD PDIP Sulteng dalam rangka pemberian bantuan. Selain dalam bentuk makanan, pakaian serta uang, pihaknya akan mengupayakan tim kesehatan seperti dokter ahli hingga psikolog dalam rangka pendampingan kepada korban. "Terutama psikolog ini nantinya sangat dibutuhkan dalam rangka memberikan pendampingan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement