Yuk, Belajar Membuat Gerabah Bersama Made

Seorang peserta pelatihan sedang membuat gerabah, Kamis (4/10/2018). - Harian Jogja/Uli Febriarni
06 Oktober 2018 22:37 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Warga terdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di lima desa di Kecamatan Temon, mulai memiliki kesibukan baru. Bahkan dalam salah satu aktivitas pemberdayaan masyarakat, mereka membaur bersama menjadi kelompok bernama Kreasi Lima Desa (Made).

Setelah menyesuaikan diri dengan tempat baru, para warga terdampak NYIA ini mulai menatap masa depan dengan merintis sejumlah usaha. Salah satunya, usaha pembuatan gerabah dan membuka workshop.

Seorang anggota Made, Sus Protimi mengatakan, sebagian besar anggota kelompok sebelumnya telah mengikuti pelatihan bahasa inggris dari Angkasa Pura I. Mereka kini berusaha membuat terobosan dengan mempersiapkan warga menyambut NYIA, dengan berbagai kegiatan. Made ini sadar untuk segera bergerak, agar ketika NYIA beroperasi, mereka juga sudah siap.

Para anggota Made sadar, cukup sulit menemukan tanah liat bahan pembuatan gerabah di Kecamatan Temon, namun Made yakin, mereka bisa membuat banyak produk gerabah bekerjasama dengan sejumlah pihak. Produk gerabah hasil kreasi mereka juga akan diberi sentuhan inovasi seiring waktu.

Anggota Made sadar, keberadaan NYIA akan membawa dampak positif kehadiran wisatawan, terutama wisatawan asing. Hal ini tentunya menjadi salah satu peluang untuk memasarkan produk hasil kreasi mereka kepada wisatawan.

Seorang peserta pelatihan gerabah, Sunariyah mengungkapkan, pelatihan gerabah yang diberikan oleh Made sangat bermanfaat. Meskipun membutuhkan proses yang tak sederhana, namun pelatihan tersebu menurutnya bisa memberikan pengalaman baru.

Untuk diketahui, Made tak hanya membuka workshop di salah satu rumah salah satu anggotanya. Melainkan juga berkeliling memberikan edukasi kepada siapa saja yang ingin belajar tentang keramik atau gerabah tersebut. Tertarik ikut pelatihan membuat gerabah bersama Made?