Advertisement

Kulonprogo Siap Jadi Pilot Project Sistem Global Budget Berbasis Wilayah

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 12 Oktober 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Kulonprogo Siap Jadi Pilot Project Sistem Global Budget Berbasis Wilayah Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, memberikan pengarahan dalam penilaian kinerja OPD triwulan kedua di Ruang Sermo Kompleks Pemkab Kulonprogo, Jumat (27/7 - 2018).Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, WATES—Pemkab Kulonprogo siap menjadi pilot project sistem global budget berbasis wilayah terkait dengan BPJS Kesehatan. Dengan sistem ini, BPJS Kesehatan mengalokasikan dana untuk pelayanan kesehatan sesuai kemampuan yang ada

"Dengan pilot project ini diharapkan selain rakyat mendapat pelayanan yang mudah, BPJS Kesehatan tidak merugi di Kulonprogo, operator juga nyaman melayani masyarakat," ucap Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, Kamis (11/10/2018).

Advertisement

Dengan sistem yang ada saat ini Hasto mengaku kerap mendapat masukan dari masyarakat dan beberapa pihak terkait dengan pelayanan BPJS Kesehatan. Berdasar berbagai masukan yang ada, orang nomor satu di Bumi Menoreh ini menginginkan adanya perubahan agar semua pihak merasa nyaman.

Hasto menekankan, sepanjang mengurai permasalahan ini tidak bertentangan dengan lex superiority-atau aturan yang lebih tinggi, maka upaya itu bisa dilakukan. Terlebih pelaksanaan program ini juga mendapat pendampingan dari Badan Pengawas keuangan dan Pembangunan (BPKP). Untuk payung hukum dilakukan MoU antara BPJS Kesehatan dengan Pemkab Kulonprogo dan siap jika akan menggunakan payung hukum yang lain.

Bupati juga menekankan agar diskusi dengan BPJS Kesehatan bisa diintensifkan. Hal ini sangat dibutuhkan karena menjadi bagian dari service excellent pelayan publik. Dia berharap semua pihak bisa berusaha bersama mulai dari BPJS, Pemkab dan stakeholder terkait. "Global budget menjadi satu harapan untuk keluar dari jeratan tanpa merugikan stakeholder. BPJS Kesehatan juga dijamin untuk tidak tombok dalam pelayanan lokal, dan masih save untuk menjangkau warga kami yang berobat di luar daerah,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement