Kulonprogo Siap Jadi Pilot Project Sistem Global Budget Berbasis Wilayah

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, memberikan pengarahan dalam penilaian kinerja OPD triwulan kedua di Ruang Sermo Kompleks Pemkab Kulonprogo, Jumat (27/7 - 2018).Harian Jogja/Uli Febriarni
12 Oktober 2018 14:15 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES—Pemkab Kulonprogo siap menjadi pilot project sistem global budget berbasis wilayah terkait dengan BPJS Kesehatan. Dengan sistem ini, BPJS Kesehatan mengalokasikan dana untuk pelayanan kesehatan sesuai kemampuan yang ada

"Dengan pilot project ini diharapkan selain rakyat mendapat pelayanan yang mudah, BPJS Kesehatan tidak merugi di Kulonprogo, operator juga nyaman melayani masyarakat," ucap Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, Kamis (11/10/2018).

Dengan sistem yang ada saat ini Hasto mengaku kerap mendapat masukan dari masyarakat dan beberapa pihak terkait dengan pelayanan BPJS Kesehatan. Berdasar berbagai masukan yang ada, orang nomor satu di Bumi Menoreh ini menginginkan adanya perubahan agar semua pihak merasa nyaman.

Hasto menekankan, sepanjang mengurai permasalahan ini tidak bertentangan dengan lex superiority-atau aturan yang lebih tinggi, maka upaya itu bisa dilakukan. Terlebih pelaksanaan program ini juga mendapat pendampingan dari Badan Pengawas keuangan dan Pembangunan (BPKP). Untuk payung hukum dilakukan MoU antara BPJS Kesehatan dengan Pemkab Kulonprogo dan siap jika akan menggunakan payung hukum yang lain.

Bupati juga menekankan agar diskusi dengan BPJS Kesehatan bisa diintensifkan. Hal ini sangat dibutuhkan karena menjadi bagian dari service excellent pelayan publik. Dia berharap semua pihak bisa berusaha bersama mulai dari BPJS, Pemkab dan stakeholder terkait. "Global budget menjadi satu harapan untuk keluar dari jeratan tanpa merugikan stakeholder. BPJS Kesehatan juga dijamin untuk tidak tombok dalam pelayanan lokal, dan masih save untuk menjangkau warga kami yang berobat di luar daerah,” ucapnya.