Advertisement

Pelajar Indonesia di RRT Belajar Jurnalistik

Holy Kartika Nurwigati
Kamis, 15 November 2018 - 10:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pelajar Indonesia di RRT Belajar Jurnalistik Media massa, jurnalis, pers, wartawan - Ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Republik Rakyat Tiongkok (RRT) mengadakan webinar atau seminar online literasi, Jumat (9/11). Seminar ini mengusung tema Apakah Penulis yang Boleh Menulis yang dipandu oleh Elba Damhuri, salah satu wartawan senior di Indonesia.

Salah satu rangkaian acara Literasi Akhir Pekan ini diikuti sekitar 55 mahasiswa Indonesia di Tiongkok yang dimoderatori oleh Achmad Syafii Bando dari Hubei Polytechnic University, Tiongkok. Ketua Panitia Webinar Aksioma Risti mengatakan pelatihan kepenulisan ini diharapkan dapat memantik minat dalam aktivitas penulisan, khususnya bagi pelajar Indonesia di Tiongkok.

Advertisement

“Pusat Media dan Komunikasi (Pusmedkom) PPI Tiongkok saat ini mewadahi karya tulisan pelajar Indonesia melalui berbagai media platform, di antaranya melalui web, aplikasi playstore PPI Tiongkok, wechat, media netizen, dan tabloid Yinnihao yang merupakan tabloid resmi PPI Tiongkok,” ungkap Risti dalam rilisnya kepada Harian Jogja, Rabu (14/11).

Pengurus Divisi Artikel Pusmedkom PPI Tiongkok dari Guangzhou University ini menambahkan dalam seminar itu, Elba Damhuri memaparkan tentang teknik penulisan berita. Teknik tersebut merupakan bagian dari dasar-dasar ilmu jurnalistik yang dapat dipelajari dengan mudah oleh peserta seminar. Salah satu yang disampaikan Elba yakni terkait nilai-nilai berita yang terdiri dari daya tarik berita, konflik, kepentingan manusia, proximity, peristiwa, diskursus, subjek, dan objek berita.

Risti menambahkan keberadaan tabloid Yinnihao PPI Tiongkok, dinilai dapat menjadi wadah bagi pelajar Indonesia di Tiongkok untuk menerapkan ilmu jurnalistik tersebut. “Semoga seluruh pelajar Indonesia melalui pelatihan kepenulisan ini bisa meningkatkan budaya literasi ke depannya,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement