Advertisement

Penutupan Wahana Pengaruhi Pendapatan Sekaten

Abdul Hamied Razak
Selasa, 20 November 2018 - 13:20 WIB
Arief Junianto
Penutupan Wahana Pengaruhi Pendapatan Sekaten Ilustrasi PMPS Sekaten. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Seiring dengan ditetapkannya Grebeg Maulud pada Rabu (19/11/2018), maka penutupan event Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) pun mundur sehari dari yang dijadwalkan.

Penutupan sejumlah wahana oleh polisi dan Pemkot beberapa waktu lalu dinilai mempengaruhi target pendapatan dari agenda tahunan yang diselenggarakan di Alun-Alun Utara itu.

Advertisement

Ketua Tim Pemanfaatan Lahan PMPS Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Jogja Evi Wahyuni mengatakan kegiatan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) sendiri akan ditutup pada Selasa (20/11/2018) sore. 

Penutupan PMPS tersebut mundur satu hari dari jadwal yang awalnya ditentukan pada Senin (19/11/2018). Hal itu dikarenakan pelaksanaan Grebeg Maulud sendiri digelar pada Rabu. "Jadi penutupan PMPS sore ini pukul 18.00 WIB karena garebeg digelar Rabu. Ada pergeseran pelaksanaan Garebeg berdasarkan perhitungan dari Kraton Jogja," kata Evi. 

Disinggung soal target pendapatan sebesar Rp1 miliar yang sudah ditetapkan sebelumnya, dia mengaku belum tahu pasti, tahun ini tercapai atau tidak. Pasalnya, penghitungan secara keseluruhan baru dilakukan setelah penutupan PMPS.

Meski begitu dia tak menampik adanya pengaruh penutupan 15 wahana permainan yang terdiri dari delapan wahana bianglala dan tujuh wahana kora-kora terhadap pendapatan keseluruhan PMPS. Seperti diketahui, pascainsiden terbaliknya gerbong wahana bianglala beberapa hari lalu, polisi dan Pemkot menghentikan operasional 15 wahana permainan yang dinilai ekstrem sebelum adanya standardisasi keamanan pengunjung.

"Kami masih menunggu penghitungan hingga PMPS ditutup. Pastinya ada pengaruhnya [setelah beberapa wahana permainan ditutup]. Nanti kami infokan lebih lanjut," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Izin Tinggal Peralihan Jembatani Proses Transisi Izin Tinggal WNA di RI

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement