Advertisement

Potensi Pariwisata di Gunungkidul Harus Dimaksimalkan

David Kurniawan
Senin, 03 Desember 2018 - 12:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Potensi Pariwisata di Gunungkidul Harus Dimaksimalkan Pengunjung menanti sunset di Puncak Gunung Ireng, belum lama ini. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Wakil Ketua Komisi B DPRD Gunungkidul Edi Susilo meminta kepada pemkan untuk memaksimalkan potensi pariwisata yang dimiliki. Pasalnya, potensi ini selain sebagai sarana menambah pengasilan asli daerah, juga bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar destinasi.

“Potensi wisata yang dimiliki sangat banyak dan semua harus dikelola dengan baik sehingga memberikan dampak yang baik dalam perkembangan di Gunungkidul,” katanya, Minggu (2/12/2018).

Advertisement

Menurut dia, pengembangan wisata sudah menjadi visi misi dari bupati. Oleh karenanya, program kegiatan yang terlaksana harus dapat menunjang perkembangan sektor kepariwisataan. “Jangan hanya slogan dan harus benar-benar dijalankan. Kalau anggaran yang dimiliki minim, saya kira bisa mengakses Dana Alokasi Khusus di Bidang Kepariwisataan,” ungkapnya.

Edi menuturkan perkembangan pariwisata di Gunungkidul sudah sangat baik. Hal ini dapat terlihat dari jumlah kunjungan maupun PAD yang diperoleh dari retribusi pariwisata.

“Hasil yang diperoleh melalui retribusi wisata tidak main-main karena menjadi salah satu sumber untuk meningkatkan PAD,” katanya.

Meski demikian, ia mencatat masih banyak yang harus diperbaiki. Beberapa hal yang butuh perbaikan seperti upaya penataan kawasan pantai, pemerataan destinasi antara wilayah selatan, tengah dan utara hingga penyediaan sarana prasarana infrastruktur pendukung yang lebih baik.

“Saya kira ini penting. Sebagai contoh adanya akses dan fasilitas pendukung seperti wahana bermain akan sangat membantu para wisatawan saat berkunjung,” tutur dia.

Dikatakan Edi, optimalisasi potensi wisasta yang dimiliki tidak hanya menyangkut masalah PAD. Hanya saja, dampak dari perkembangan wisata memberikan sumber mata pencaharian bagi warga sekitar sehingga dapat menjadi salah satu pengungkit untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Dampaknya perkembangan pariwisata tidak hanya dirasakan pemkab, tapi masyarakat juga ikut merasakanya,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kubu Anies & Ganjar Minta MK Panggil Sejumlah Menteri, Kubu Prabowo Ajukan Megawati

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement