Advertisement

Dilalui Banyak Kendaraan, Umur Jembatan Merah di Concat Hanya Tahan 1 Sampai 2 Tahun

Fahmi Ahmad Burhan
Jum'at, 07 Desember 2018 - 07:50 WIB
Bhekti Suryani
Dilalui Banyak Kendaraan, Umur Jembatan Merah di Concat Hanya Tahan 1 Sampai 2 Tahun Ilustrasi jembatan. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman memperkirakan Jembatan Merah di Dusun Soropadan, Desa Condongcatur (Concat), Depok hanya bisa bertahan satu sampai dua tahun lagi. Renovasi masih menunggu dua rumah yang belum bisa dibebaskan lahannya.

Kepala Bidang Bina Marga DPUPKP Achmad Subhan mengatakan renovasi Jembatan Merah belum bisa dilakukan. "Dari 2013 kami sudah membuat DED [Detail Engineering Design], namun sampai sekarang renovasi belum bisa dilakukan," ungkapnya pada Kamis (6/12/2018).

Advertisement

Menurutnya, kondisi Jembatan Merah yang dilalui banyak kendaraan tidak bisa bertahan lama dan perlu renovasi. "Untuk dipakai motor, hanya bisa bertahan satu sampai dua tahun lagi. Sekarang itu, untuk mobil tidak bisa dilalui," katanya.

Ia mengatakan proses renovasi perlu dilakukan mengingat kondisi kepadatan wilayah sekitar. Menurutnya, kondisi sekitar Jembatan Merah juga semakin ramai dengan adanya pusat perbelanjaan.

"Namun, sampai saat ini kita tidak bisa renovasi karena dua rumah tetap tidak mau dibebaskan lahannya," ujarnya. Di tahun ini pun pihaknya tidak menganggarkan renovasi Jembatan Merah karena terkendala dua rumah itu.

Subhan mengatakan, untuk rencana penganggaran renovasi tahun depan pun pihaknya belum bisa memastikan. "Pokoknya tergantung dari dua rumah itu, kami juga sudah kordinasikan dengan pihak kecamatan," jelas Subhan.

Sekretaris Camat Depok, Wahid Basroni mengatakan pihaknya belum bisa memastikan lagi pembebasan lahan pada dua rumah itu. "Sampai saat ini belum bisa memastikan," ujar Wahid pada Kamis. Ia mengatakan upaya dari pihaknya sampai saat ini baru sebatas perbaikan sementara karena sempat rusak.

Pada Oktober lalu, kodisi Jembatan Merah sempat rusak. Jembatan yang dilintasi Sungai Gajah Wong itu kemudian dipasangi larangan melintas hanya untuk kendaraan roda empat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement