Buku Digital Perpustakaan akan Bisa Diakses dari Rumah

16 September 2013 10:17 WIB Redaksi Solopos Jogja Share :

[caption id="attachment_447725" align="alignleft" width="314"]http://www.harianjogja.com/?attachment_id=447725" rel="attachment wp-att-447725">http://images.harianjogja.com/2013/09/komputer1.jpg" alt="" width="314" height="209" /> Ilustrasi buku digital (JIBI/Harian Jogja)[/caption]

Harianjogja.com, JOGJA- Perpustakaan Kota Jogja akan mengembangkan buku digital dan perpustakaan digital yang bisa diakses masyarakat dari rumah mereka.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Jogja Wahyu Hendratmoko, Minggu (15/9/2013) mengatakan tahun depan, Perpustakaan akan mengembangkan electronic library (e-brary) dan digital library (digilib) agar bisa diakses oleh masyarakat tanpa harus datang ke perpustakaan.

"Kami terus berusaha agar program tersebut bisa diakses dari rumah atau dari mana pun melalui internet. Tentunya, hal ini akan lebih memudahkan masyarakat," katanya.

Saat ini, seratusan judul buku dalam format digital tersebut baru dapat diakses apabila pengunjung datang secara langsung ke Kantor Perpustakaan Kota Jogja.

"Pengunjung bisa memanfaatkan wifi yang disediakan gratis di perpustakaan untuk mengakses buku-buku tersebut

Ia mengutarakan tingkat kunjungan ke perpustakaan tidak hanya dapat dilihat dari jumlah pengunjung yang datang langsung ke perpustakaan, tetapi juga dari jumlah masyarakat yang mengakses layanan tersebut secara online.

"Kami juga akan terus menambah buku yang menjadi koleksi digital. Paling tidak hingga tahun depan akan ada tambahan masing-masing 30 judul buku," katanya.