Advertisement

Sekolah Vokasi UGM Habiskan Rp1,3 Miliar untuk 135 Penelitian

Senin, 28 Oktober 2013 - 06:52 WIB
Nina Atmasari
Sekolah Vokasi UGM Habiskan Rp1,3 Miliar untuk 135 Penelitian

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Diusia ke 4 tahun ini, Sekolah Vokasi (SV) UGM akan meningkatkan penelitian terapan. Kebijakan tersebut bertujuan untuk menghasilkan teknologi tepat guna bagi masyarakat.

Wakil Direktur Bidang Kerjasama, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat SV UGM Ma'un Budiyanto mengatakan, riset-riset dosen akan lebih diberdayakan pada penelitian tepat guna. Hal itu sesuai dengan semangat SV untuk melaksanakan program pemberdayaan masyarakat.

Advertisement

Tahun ini, sambungnya, terdapat 135 judul penelitian dengan dana sekitar Rp1,3 M selain itu masih ada 14 judul penelitian hibah dari UGM. "Semua program studi menerapkan penelitian tepat guna disegala bidang," ujarnya kepada di sela Dies Natalis SV UGM, Minggu (27/10 2013).

Salah satu teknologi yang akan segera dilaunching adalah aplikasi wisata di Ponsel berbasis Android. Aplikasi tersebut, terangnya, terintegrasi dengan google.map dan berisi sejarah dari lokasi wisata unggulan di wilayah DIY seperti Kraton Ngayogyakarta dan Tugu Jogja.

"Contoh lainnya, Candi Prambanan. Selain menunjukkan lokasinya, nanti dipaparkan sejarahnya. Jadi Ponsel Android tidak hanya digunakan sebagai game tetapi juga memuat unsur edukasinya," jelas Ma'un.

Hingga kini, lanjutnya, SV UGM menghasilan banyak teknologi aplikatif yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya alat pencacah rumput untuk ternak dan pembuat batako yang berstandar SNI. Langkah tersebut, sambung Ma'un juga bertujuan agar perekonomian masyarakat bisa berkembang.

"Dengan menggunakan teknologi terapan, pendapatan masyarakat bisa meningkat karena dari segi kualitas hasilnya baik dan waktu untuk menyelesaikan pekerjaannya bisa lebih pendek," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mendampingi 60 sekolah SMA-SMK negeri dan swasta di DIY untuk menghasilkan teknologi terapan yang dilakukan oleh siswa. Termasuk sosialisasi keberadaan SV UGM kepada para siswa.

Hingga usia keempat tahun ini, jumlah peminat untuk mendaftar ke SV UGM meningkat mencapai 11.600 orang. Padahal, di tahun sebelumnya jumlah pendaftar hanya mencapai 6.000 orang.
(Abdul Hamied Razaq/JIBI/Harian Jogja)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement