Advertisement

PENIPUAN Masuk UGM : UGM Tahu Sejak Lama

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 08 Februari 2014 - 02:43 WIB
Sugeng Pranyoto
PENIPUAN Masuk UGM : UGM Tahu Sejak Lama

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Terbongkarnya kasus penipuan calon mahasiswa baru (maba) Fakultas Kedokteran UGM sebenarnya sudah diketahui oleh pengelola UGM setahun lalu. Sejak terendus, UGM pun melakukan investigasi internal.

Dari hasil investigasi tersebut, pengelola menemukan indikasi keterlibatan salah seorang stafnya dalam proses penipuan itu. Namun, hasil investigasi tersebut tidak dapat diproses oleh kepolisian lantaran saat itu belum ada satupun korban yang melapor.

Advertisement

"Kemudian, kasus ini ditangani oleh pihak kepolisian karena ada korban yang melapor," ujar Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UGM Prof. Budi Santoso Wignyosukarto, Jumat (7/2/2014) di UGM.

Anehnya, nama pegawai yang terlibat dan menjabat sebagai salah satu karyawan di bagian administrasi UGM, yang berhasil diungkap pihak kepolisian ternyata berbeda dengan nama hasil investigasi yang dilakukan di internal UGM. "Nama oknumnya berbeda dan dia mengakui terlibat [aksi penipuan]. Bukan Budi Purwanto yang diungkap media. Tetapi, nama bimbingan belajarnya sama CV Jogja Education. Perbedaan nama inilah yang kami tidak ingin gegabah," ujar Budi.

Untuk itu, pihaknya berencana akan mengirim staf ke Polres Sleman untuk mengklarifikasi kebenaran tersangka penipuan penerimaan mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM yang kini menjadi tahanan Polres Sleman. Klarifikasi tersebut dilakukan untuk membuktikan hasil investigasi terhadap pegawai UGM sendiri yang diindikasi menipu.

“Kami tetap menjunjung asas praduga tak bersalah. Karenanya perlu ada klarifikasi apakah orang yang ditangkap kemarin itu sama dengan oknum orang dalam yang kami curigai dan sudah kami investigasi selama satu tahun ini,” tegas Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement