Advertisement

KPU Minta Parpol Tertibkan Atribut Kampanye

Kusnul Isti Qomah
Jum'at, 04 April 2014 - 13:59 WIB
Nina Atmasari
KPU Minta Parpol Tertibkan Atribut Kampanye

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Komisi Pemilihan Umum Gunungkidul akan mengumpulkan partai politik pada 5 April mendatang. Ketua KPU Gunungkidul Zaenuri Ikhsan menuturkan pengumpulan parpol berkaitan dengan penertiban atribut kampanye.

KPU juga akan meminta laporan dana kampanye akhir dari setiap parpol. “Untuk penertiban, kami akan memberikan kesempatan parpol untuk menertibkan semua alat peraga kampanye sendiri terlebih dahulu,” tuturnya, Kamis (3/4/2014).

Advertisement

Penertiban harus dilakukan di seluruh area, tak hanya dilakukan pada radius 200 meter dari tempat pemungutan suara (TPS). Penertiban juga harus dilakukan di area di laar 200 meter dari TPS.

“Intinya semua atribut harus dicopot. Bila hari pertama masih ada atribut yang belum ditertibkan, maka kami [KPU, Panwaslu, Satpol PP] akan bergerak serempak,” tutur Ikhsan.

Zaenuri menambahkan penertiban diharapkan dilakukan secara menyeluruh. Misalnya saja atribut bendera partai yang terpasang pada kapal nelayan yang digunakan sebagai penanda kapal. Begitu pula dengan bendera partai yang dipasang di pucung pohon dan batu karang.

“Kami akan membicarakan hal ini lebih lanjut dengan parpol. Bagaimana tindakan yang akan diambil berkaitan dengan tempat-tempat pemasangan atribut yang sulit diakses,” ucapnya.

Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Budi Haryanto menuturkan Panwaslu berkoordinasi dengan Satpol PP mengenai penertiban tersebut. Panwaslu mengaku siap menertibkan jika parpol tak bisa penertiban sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Tegaskan Kasus Perundungan Jangan Ditutupi Demi Nama Baik Sekolah

News
| Sabtu, 02 Maret 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement