Advertisement

Asuransi Hanura Berujung Pidana

Bhekti Suryani
Selasa, 15 April 2014 - 14:15 WIB
Nina Atmasari
Asuransi Hanura Berujung Pidana JIBI/Solopos/Ardiansyah Indra KumalaKetua Umum Partai Hanura, Wiranto menyampaikan visi dan misi Partai Hanura saat kampanye di Gedung Olahraga (GOR) Manahan, Solo (21 - 3). Dalam kampanye yang dihadiri ribuan simpatisan tersebut dibagikan kartu asuransi jiwa.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kepolisian Bantul tengah menyidik kasus dugaan politik uang dengan modus asuransi yang dilakukan kader Partai Hanura pada kampanye terbuka beberapa waktu lalu di Bantul.

Kepala Polres Bantul AKBP Surawan menyatakan, tersangka dan sejumlah saksi yang diduga terlibat dalam perbuatan pidana Pemilu tersebut akan diperiksa intensif. "Sementara masih pemeriksaan saksi-saksi," terang Surawa Senin (14/4/2014).

Advertisement

Kepolisian Bantul, kata dia, fokus mengusut panitia kampanye yang ada di Bantul dan belum mengusut keterlibatan panitia maupun juru kampanye tingkat nasional. Sebab kampanye terbuka yang digelar Partai Hanura akhir Maret lalu juga mendatangkan Ketua Umum Hanura Jenderal Purn Wiranto yang juga capres dari partai yang sama.

Surawan belum dapat memastikan berapa tersangka yang sudah ditetapkan, sebab kasus ini masih ditangani timnya di Kesatuan Reserse Kriminal (Reskrim).

Ketua Panwaslu Bantul Supardi membenarkan kasus money politic yang berujung pidana itu. Bila kasus ini lolos ke pengadilan, artinya menjadi kasus pidana Pemilu pertama yang sukses dikawal Panwaslu dan jajaran Kepolisian Bantul.

Supardi menyatakan, modus yang dilakukan kader Partai Hanura berupa bagi-bagi asuransi ke konstituen dengan imbalan memilih caleg dan partai itu pada Pemilu 9 April lalu. "Jadi bukan bagi-bagi uang tapi asuransi," ujarnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hanura DIY Adi Nugroho membantah partainya melakukan aksi politik uang lewat asuransi. Menurut dia, asuransi MNC Live itu bukan program Partai Hanura namun program Calon Presiden Wiranto dan Calon wakil Presiden Hary Tanoesoedibyo pimpinan MNC Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement