Advertisement

WISATA BANTUL : BPBD Bantul Berencana Bentuk Polisi Pantai

Redaksi Solopos
Senin, 05 Januari 2015 - 22:40 WIB
Mediani Dyah Natalia
WISATA BANTUL : BPBD Bantul Berencana Bentuk Polisi Pantai

Advertisement

Wisata Bantul, utamanya di kawasam pesisir akan membentuk polisi pantai.

Harianjogja.com, BANTUL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul berencana membentuk polisi pantai untuk mengoptimalkan pengawasan terhadap wisatawan yang berkunjung ke objek wisata itu.

Advertisement

"Di sepanjang pantai selatan Yogyakarta belum ada polisi pantai, makanya perlu dibentuk polisi pantai, pembentukan ini baru akan kami bahas pada tahun ini," kata Kepala BPBD Bantul, Dwi Daryanto, Minggu (4/1/2015).

Rencana pembentukan polisi pantai ini disebabkan selama ini pengawasan para pengunjung dibebankan kepada Tim SAR, padahal tugas pokok fungsi (Tupoksi) Tim SAR hanya melakukan penyelamatan dan evakuasi, bukan menjaga dan mengawasi para pengunjung.

Pembentukan polisi pantai, selain akan membahas bersama Tim Sar juga akan melibatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) serta para pelaku usaha di kawasan pantai selatan Bantul.

"Pihak swasta ini nantinya diharapkan turut membantu biaya operasional para polisi pantai. Dan salah satu objek wisata yang telah memiliki polisi pantai adalah Pangandaran. Di sana, pihak swasta juga dilibatkan," katanya.

Sementara itu, Komandan Tim SAR Pantai Parangtritis Ali Sutanto Joko Saputro mengatakan menyambut baik langkah BPBD membentuk polisi pantai, karena harapannya beban kerja personel SAR dapat berkurang dengan keberadaan polisi pantai.

"Karena selama ini teman-teman SAR memang ganda kerjanya, selain melakukan penyelamatan dan evakuasi korban kecekalaan laut, juga bertugas menjaga dan memantau aktifitas para pengunjung di sepanjang pantai," katanya.

Meski demikian, kata dia seluruh anggota Tim SAR telah memahami tanggungjawab lebih yang dibebankan kepada mereka, karena saat calon anggota baru hendak masuk jadi anggota pihaknya memberikan penjelasan mengenai tanggungjawab itu.

Ia mengatakan, idealnya anggota polisi pantai nanti adalah mereka yang telah memahami seluk-beluk kondisi pantai selatan, sehingga pihaknya mengusulkan agar para anggota polisi pantai nanti adalah warga sekitar pantai.

"Akan tetapi, kami juga minta personel Tim SAR ditambah lagi, karena saat ini jumlah personel SAR di sepanjang pantai selatan ada 92 orang, seharusnya setiap regu ada 25 personel, selama ini satu regu hanya 17 orang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement