Advertisement

ENERGI ALTERNATIF : Untuk Penerangan, Bukan untuk TV atau Kulkas

David Kurniawan
Kamis, 08 Januari 2015 - 23:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
ENERGI ALTERNATIF : Untuk Penerangan, Bukan untuk TV atau Kulkas Togor yang sudah dipasang di Pantai Gesing (JIBI/Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah)

Advertisement

Energi alternatif di Pantai Gesing ditegaskan hanya untuk penerangan. Bukan kebutuhan elektronik lain seperti televisi maupun kulkas.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Kepala Bidang Energi Sumber Daya Mineral Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperidagkop ESDM) Gunungkidul Pramuji Ruswandono mengatakan, jaringan PLTS bisa bertahan selama 15-20 tahun. Namun, hal itu tidak lepas dari penggunaan maupun perawatan terhadap instalasi yang ada.

Advertisement

“Kalau sesuai programnya, satu rumah hanya mendapatkan satu saklar dengan tiga lampu. Jadi itu, harus dipatuhi oleh semua warga penerima manfaat, dan jangan digunakan untuk keperluan lain seperti untuk menyalakan TV atau kulkas,” kata Pramuji, Rabu (7/1/2015).

Menurut dia, program energi alternatif di Pantai Gesing berkapasitas 15 kilowatt, sehingga diprediksi mampu mencukupi kebutuhan listrik bagi masyarakat Pantai Gesing. Selain itu, dari instalasi tersebut juga bisa digunakan untuk penerangan jalan di sana.

“Masing-masing KK bisa mendapatkan aliran listrik dengan kapasitas 250-300 watt. Namun, kembali menegaskan jika pasokan itu hanya sebatas penerangan dan bukan untuk yang lain,” ungkap dia.

Pramuji menyadari, beberapa tahun lalu di juga pernah ada program energi alternatif. Namun, program tersebut tidak jalan. Panel-panel surya yang dipasang di rumah warga banyak yang rusak, sehingga instalasi yang diberikan tak berfungsi.

“Programnya itu bukan dari kami, namun harapannya itu menjadi pembelajaran bersama. Jangan sampai hal tersebut terulang kembali. Kami juga sudah menunjuk kelompok masyarakat sebagai pengelola untuk perawatan dan pemeliharaan,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyelundupan Paket Ganja via Ekspedisi Berhasil Digagalkan, Ini Kronologinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement