Advertisement

BUMD GUNUNGKIDUL : Setengah Tahun Bocor, Pipa Baru Diperbaiki

Kusnul Isti Qomah
Jum'at, 23 Januari 2015 - 05:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
BUMD GUNUNGKIDUL : Setengah Tahun Bocor, Pipa Baru Diperbaiki Gunarto menunjukkan lokasi bocornya pipa PDAM di Kepek I, Kepek, Wonosari beberapa waktu lalu. (JIBI/Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah)

Advertisement

BUMD Gunungkidul, pipa milik PADM Gunungkidul di Desa Kepek akhirnya diperbaiki.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pipa milik PDAM yang ada di kawasan Dusun Kepek I, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, baru saja diperbaiki setelah dibiarkan bocor untuk waktu yang lama.

Advertisement

Salah satu warga Kepek I Gunarto mengatakan, lokasi pipa tersebut berada tepat di jalanan di depan rumahnya. Menurutnya, dari celah retakan jalan keluar air dari pipa PDAM. Ia mengatakan, kondisi tersebut sudah berlangsung sejak setengah tahun yang lalu.

“Sudah pernah diperbaiki tiga kali. Tapi, kebocoran tetap terjadi. Airnya mengalir sepanjang hari. Hari ini baru diperbaiki lagi,” ungkap dia di rumahnya, Rabu (21/1).

Ia mengatakan, hal itu menjadi sorotan warga karena air yang seharusnya dimanfaatkan oleh konsumen menjadi terbuang percuma. Di malam hari, suara rembesan air terdengar jelas dari rumahnya.

“Jika dibiarkan, coba bayangkan berapa kerugian yang dialami?”

Ia mengungkapkan, seharusnya ada petugas dari PDAM yang rutin melakukan pengecekan terhadap pipa-pipa PDAM. Jika ada kerusakan, harus segera diperbaiki. Selain itu, tempat yang sudah diperbaiki, harus ada pengecekan rutin.

“Apakah rusak lagi atau tidak harus dicek kembali,” ungkap dia.

Selain itu, ia berharap PDAM bisa profesional ketika melakukan perbaikan pipa. Ia mengeluhkan, setelah PDAM memperbaiki pipa di dekat rumahnya, air yang mengalir justru keruh. Ia bahkan harus menunda mengisi bak air yang hampir kosong.

“Saya harus menunggu beberapa lama sampai airnya kembali bening. Seharusnya, ada cara bagaimana lumpur tidak masuk ke saluran air ketika melakukan perbaikan,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement