CPNS 2015 : Kulonprogo Ajukan 849 Formasi CPNS

09 Maret 2015 15:40 WIB Holy Kartika Nurwigati Kulonprogo Share :

CPNS 2015 belum jelas informasinya namun Kulonprogo akan mengajukan 849 formasi

Harianjogja.com, KULONPROGO- Tahun ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kulonprogo akan mengajukan 849 formasi pegawai negeri sipil (PNS) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kabid Perencanaan dan Pengembangan BKD Kulonprogo Sarji mengatakan, tahun ini pengajuan formasi sejumlah 849 posisi akan difokuskan pada layanan pendidikan dan kesehatan.

"Kami berharap kebutuhan PNS ini dapat dipenuhi dan permohonan kami ke Kemenpan dan disetujui," kata Sarji, Minggu (8/3/2015).

Lebih lanjut Sarji menjelaskan, kebutuhan PNS di tenaga guru yang diajukan tahun ini hanya sebanyak 326 formasi.

Sedangkan terbanyak yakni untuk tenaga di kesehatan 426 formasi, sisanya untuk mengisi tenaga jabatan formasi tertentu (JFT) non pendidikan dan non kesehatan, serta jabatan formasi umum (JFU).

"Tahun lalu formasi yang disetujui Kemenpan hanya 40 formasi. Kami berharap tahun ini kebutuhan SDM tersebut dapat dikabulkan," tandas Sarji.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kulonprogo Sumarsono mengakui, kebutuhan guru khususnya di jenjang sekolah dasar sangat besar.

Hingga Januari 2015, tercatat jumlah kekurangan guru mencapai 189 orang. Sebagian besar adalah guru kelas, sehingga untuk menutupi kekurangan itu sejumlah guru harus bekerja ekstra.