Puskesmas Tanjungsari Periksa Kesehatan Nelayan secara Rutin

23 Maret 2015 04:20 WIB Kusnul Isti Qomah Gunungkidul Share :

Puskesmas Tanjungsari memeriksa kesehatan nelayan di Pantai Selatan Gunungkidl secara rutin

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Kesehatan nelayan rupanya turut diperhatikan oleh Puskesmas. Salah satu perhatian yang diberikan yakni dengan pengecekan kesehatan secara rutin.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT)  uskesmas Tanjungsari Ariningsih mengungkapkan, sebagai pusat pelayanan kesehatan di daerah pesisir, pihaknya memperhatikan kesehatan nelayan.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan secara rutin perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan nelayan tersebut.

“Jika nelayan sehat, produktivitas mereka dalam mencari ikan tidak terganggu. Hasilnya, perekonomian mereka tetap terjaga,” ungkap dia, Minggu (22/3)/2015.

Kegiatan itu, lanjut dia, dilakukan setiap tiga bulan sekali. Sasarannya yakni nelayan di Pantai Baron dan Pantai Drini. Ia menambahkan, pemeriksaan kesehatan sudah dilakukan pada Selasa (17/3/2015).

Menurutnya, dari 62 nelayan yang diperiksa, rata-rata sehat.

“Misal ada keluhan, rata-rata karena kelelahan. Ada pula yang tekanan darahnya agak tinggi dan ada pula yang kena ISPA. Namun, langsung kami berikan pengobatan karena kebetulan jadwalnya berbarengan dengan Puskesmas Keliling,” ujar dia.

Selain pemeriksaan rutin, lanjut dia, ada 100 kapal yang dilengkapi dengan keperluan P3K. Menurutnya, 100 paket kotak P3K yang dibagikan merupakan sumbangan dari Anggota Komisi IV DPR RI.