PEMKOT JOGJA : Kota Jogja Gelar Lomba KB Pria, Seperti Apa?

JIBI/Harian Jogja/Desi SuryantoTim penilai Lomba Kelompok KB Pria Tingkat Nasional memeriksa kelengkapan administrasi keanggotaan saat melakukan penilaian pada Kelompok KB Pria di Dusun Nogosaren, Nogotirto, Gamping, Sleman, Kamis (7 - 6). Paguyuban KB Pria "Guyub Rukun" di pedukuhan ini mewakili Sleman maju hingga peringkat empat besar dalam Lomba Kelompok KB Pria Tingkat Nasional. Dari 150.009 pasangan usia subur di Sleman dengan jumlah peserta KB aktif sebanyak 118.424 dan 7,25% atau 8.586 adalah peserta
24 Maret 2015 23:20 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Pemkot Jogja akan menggelar lomba KB Pria untuk menekan jumlah pertumbuhan penduduk.

Harianjogja.com, JOGJA-Guna meningkatkan partisipasi pria dalam program Keluarga Berencana (KB), Kantor KB Kota Jogja menggelar lomba KB Pria yang diikuti oleh lima kelompok peserta.Lima kelompok tersebut berasal dari Kecamatan Gondomanan, Wirobrajan, Kraton, Gedongtengen dan Kota Gede.

“Lomba KB Pria ini juga untuk mendapatkan wakil Kota Jogja yang akan ditandingkan di tingkat provinsi dan nasional,” ujar Dwi Ernayati, Kepala Seksi Keluarga Berencana Kantor KB Kota Jogja yang ditemui di sela – sela perlombaan pada Senin (23/3/2015) di Kantor KB Kota Jogja.

Menurut dia, pria yang mengikuti program KB belum sebanyak perempuan, sehingga masih butuh dukungan dari banyak pihak, seperti tokoh masyarakat dan pemerintah. Hal ini mendasari kantor KB Kota Jogja memberikan penghargaan kepada kelompok yang memberikan upaya terbaik dalam meningkatkan partisipasi pria agar mengikuti program KB.

“Kegiatan yang dilaksanakan [oleh kelompok], seperti penyuluhan [program KB pria] dan yang lain-lain harus dibuktikan dalam administrasi,” tambahnya. Tidak hanya itu, banyaknya anak yang dimiliki para anggota kelompok juga menjadi parameter penilaian dewan juri.

Adanya program keluarga berencana dapat membantu meningkatkan keluarga sejahtera dengan mengendalikan kelahiran anak.

Dengan tujuan yang sama, Kantor KB Kota Jogja juga melaksanakan Lomba Motivator KB yang dilaksanakan pada Senin (23/3/2015) juga. Pemenang lomba akan diumumkan pada Selasa (24/3/2015).