Advertisement

KECELAKAAN LAUT : Rawan Laka tapi SAR Gunungkidul Minim Alat

Uli Febriarni
Sabtu, 09 Mei 2015 - 03:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
 KECELAKAAN LAUT : Rawan Laka tapi SAR Gunungkidul Minim Alat Petugas tagana menurunkan kapal yang ditarik dari SAR Satlinmas Gunungkidul. Penarikan dilakukan karena bantuan tersebut tidak sesuai dengan program yang diajukan. Selasa (14/4/2015) (JIBI/Harian Jogja - David Kurniawan)

Advertisement

Kecelakaan laut di Gunungkidul rawan terjadi, sayangnya alat yang dimiliki masih minim.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Sekretaris SAR Korwil II Kabupaten Gunungkidul, Surisdiyanto menyayangkan kekurangan peralatan maupun personel SAR di wilayah II yang bertanggungjawab terhadap sejumlah pantai, salah satunya Pantai Pulangsyawal hingg kini masih terjadi. Adapun SAR adalah ujung tombak dalam proses penyelamatan korban laka laut.

Advertisement

"Setiap laporan triwulan kami mengajukan adanya pengadaan peralatan, tapi gak ada realisasi, padahal pendapatan Kabupaten Gunungkidul pada 2014 saja bisa mencapai Rp15,2 miliar, kalau untuk membeli misalnya satu jetski kan bisa. Kalau tidak ada SAR, di Pantai Pulangsyawal banyak kunjungan, kan bisa jadi kuburan massal," ungkapnya, Rabu (6/5/2015).

Surisdiyanto menambahkan, kapal yang dimiliki oleh SAR Wil II saat ini hanya ada tiga. Terdiri dari satu kapal jukung dari Pemda Gunungkidul dan dua dari Kementerian Sosial. Akan tetapi, sebulan yang lalu ditarik oleh Kementerian Sosial. SAR juga tidak memiliki tenda evakuasi bagi korban laka.

Sehingga, SAR Wil II hanya punya satu kapal dan jetski. Jetskipun berasal dari hibah dari pemilik warung makan Indrayanti.

"Saat ini jetski juga sedang rusak. Kami sudah berusaha memperbaiki dengan dana swadaya, namun dana kami menipis," ucapnya.

Pos pantau, sambungnya, masih kurang lima buah pos pantau. Untuk ditempatkan di Pantai Sundak, Poktunggal, Ngobaran, Gesing, Nguyahan.

Selain itu, efektivitas personel untuk Wil II juga masih kurang. Idealnya, menurutnya ada 30 personel. Namun hingga kini, Tim SAR masih berada di bawah jumlah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

10 Orang Tewas Usai Dua Helikopter Militer Malaysia Tabrakan, Berikut Kronologinya

News
| Selasa, 23 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement