Advertisement

SABDA RAJA JOGJA : Warga Ingin Keluarga Kraton Islah

Ujang Hasanudin
Senin, 18 Mei 2015 - 12:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
SABDA RAJA JOGJA : Warga Ingin Keluarga Kraton Islah HARIANJOGJA/GIGIH M. HANAFISABDA RAJA YOGYAKARTA-- Raja Sultan Hamengkubuwono X saling memberikan salam kepada Adipati Paku Alam IX didampingi GKR Hemas usai Raja melakukan Sabda Tama di Bangsal Kencono, Keraton Ngayogyokarto Hadiningrat, Kamis (10 - 5). Sabda Tama adalah sesuatu yang sakral dan tidak sembarangan diucapkan. Sepanjang sejarahnya menjadi Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sultan Hamengku Buwono X baru pertama kali menyampaikan Sabda Tama.

Advertisement

Sabda Raja Jogja diharapkan dapat berakhir islah.

Harianjogja.com, JOGJA—Perbedaan pendapat di antara keluarga Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat setelah keluarnya Sabda Raja dan Dawuh Raja mengkhawatirkan warga. Sejumlah tokoh masyarakat mengharapkan ada islah atau perdamaian di keluarga Kraton.

Advertisement

Harapan itu disampaikan oleh perwakilan warga Kauman, Jogja, Heru Syafruddin Amali di Masjid Gede Kauman, seusai salat Jumat, Jumat (15/5/2015).

“Kami menyerukan agar keluarga Kraton islah,” kata Heru.

Perwakilan warga menghadiri pengajian akbar yang juga diikuti tokoh Muhammadiyah dan politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Syukri Fadholi. Heru mengaku keturunan RH Sangidu atau Kanjeng Kyai Penghulu Muhammad Kamaludiningrat (pejabat yang mengurusi keagamaan Kraton). Dia mengatakan warga tidak bisa diam saja melihat situasi dan kondisi Kraton yang dinilainya sudah runyam.

“Kami mengingatkan keluarga Kraton untuk rukun,” kata Heru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement