BULE CORAT-CORET TUGU : Ini Komentar Sultan

Petugas tengah membersihkan sisa siraman cat merah pada Tugu Pal Putih (JIBI/Harian Jogja - Ujang Hasanudin)
07 Juli 2015 05:21 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Bule corat-coret tugu mendapatkan komentar dari Sultan

Harianjogja.com, JOGJA-Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyayangkan aksi turis asal Republik Ceko yang mengotori Tugu Jogja. Namun Raja Kraton Ngayogyakarta ini juga memaklumi jika pelakunya diketahui stres.

"Kalau memang stres ya dimaklumi. Ya enggak apa-apa lah," kata Sultan di Kepatihan, Senin (6/7/2015).

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Umar Priyono menuturkan, tak lama setelah peristiwa yang mengotori Tugu Pal Putih itu ramai di masyarakat, Sultan langsung menghubunginya dan memintanya segera dipulihkan kembali.

Umar mengatakan untuk pengecatan outdoor cat putih sebenarnya sudah selesai, Minggu sore. Namun Dinas Kebudayaan akan kembali melibatkan arkeolog  untuk memastikan agar tidak ada kesalahan sebagai fungsi maupun estetikanya. "Lebih baik kami preventif karena untuk penanganan BCB apapun perlu arkeolog," kata dia usai menemui Sultan, Senin (6/7/2015).

Umar mengaku pihaknya tidak mempermasalahkan biaya untuk pengecatan Tugu Jogja. Namun, ia berharap masyarakat sama-sama menjaga dan melindungi cagar budaya yang menjadi landmark Jogja itu. Ihwal pelaku yang mengotorinya, Umar menyerahkan pada penegak hukum.