Advertisement

ARUS BALIK : Ribuan Pemudik Tinggalkan Gunungkidul, Berangkat ke Bandung dan Jakarta

Uli Febriarni
Selasa, 21 Juli 2015 - 11:20 WIB
Nina Atmasari
ARUS BALIK : Ribuan Pemudik Tinggalkan Gunungkidul, Berangkat ke Bandung dan Jakarta Suasana Terminal Dhaksinarga jelang lebaran 2014. Dishubkominfo Gunungkidul membuat kebijakan untuk mewajibkan tiap bus AKAP masuk ke terminal. Namun, mayoritas bus masih enggan menurunkan penumpang di terminal. (David Kurniawan/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Arus balik terlihat di Gunungkidul, ribuan pemudik meninggalkan kampung halaman menuju Bandung dan Jakarta

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Sebanyak 3.000 lebih penumpang kembali ke Jakarta dan Bandung pada arus balik Lebaran 2015, Senin (20/7/2015). Mereka menggunakan bus reguler dan bus pariwisata, berangkat dari Terminal Dhaksinarga, Wonosari, Gunungkidul dan pool bus.

Advertisement

Kepala UPT Terminal Dhaksinarga Wonosari, Suprapto pada Senin menjelaskan, pada arus balik hari keempat lebaran ini, ada 42 bus reguler dan 12 bus pariwisata berangkat dari terminal membawa sedikitnya sekitar 38 hingga 45 penumpang di dalam masing-masing bus. Ia menjelaskan, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Sabtu (25/7/2015) hingga Minggu (26/7/2015).

Ia menerangkan, pada arus balik, masing-masing Perusahaan Otobus (PO) sudah menyiapkan armada cadangan mereka masing-masing, baik milik grup, ataupun carter. Sehingga untuk persediaan tiket, calon penumpang masih bisa tidak perlu terlalu khawatir.

Salah seorang pemilik agen PO.Santoso di Terminal Dhaksinarga, Gondo mengungkapkan, meski sudah ada ribuan pemudik mengikuti arus balik dari terminal, ia menyebut kondisi arus balik masih sepi sejak kemarin, Minggu (19/7/2015). Pada hari itu, pihaknya sampai mengembalikan empat bus reguler ke garasi di Magelang, akibat tidak adanya penumpang yang berangkat.

"Jumlah penumpang PO.Santoso pada arus balik hanya seperempatnya penumpang pada lebaran 2014, sepi betul," urainya.

Direktur Operasional PO.Maju Lancar, Adi Didit Prasetyo mengungkapkan, di pool Maju Lancar sendiri sudah terjadi peningkatan jumlah penumpang yang berangkat dari Gunungkidul. Karena sebagian dari mereka adalah karyawan yang mulai kembali bekerja pada 23 Juli 2015.

Pada Senin, ada 26 bus berangkat dari pool dengan jumlah penumpang sebanyak 1.300 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Respons Serangan Israel, Iran Aktifkan Pertahanan Udara dan Tangguhkan Penerbangan Sipil

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement