Advertisement

LONGSOR GUNUNGKIDUL : Masyarakat di Zona Merah Diminta Waspada Bahaya Longsor

David Kurniawan
Jum'at, 05 Februari 2016 - 07:55 WIB
Mediani Dyah Natalia
LONGSOR GUNUNGKIDUL : Masyarakat di Zona Merah Diminta Waspada Bahaya Longsor Ilustrasi tanah longsor (JIBI/Solopos - Antara)

Advertisement

Longsor Gunungkidul mengintai enam kecamatan.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Sedikitnya 54 desa di enam kecamatan di Gunungkidul masuk dalam zona merah rawan longsor saat musim penghujan. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meminta masyarakat di kawasan merah itu untuk lebih waspada terhadap potensi adanya bencana.

Advertisement

Berdasarkan pemetaan yang dilakukan BPBD, enam Kecamatan itu meliputi Patuk, Gedangsari, Semin, Ngawen, Nglipar dan sebagian wilayah di Kecamatan Ponjong. Secara geografis di kecamatan tersebut didominasi kawasan perbukitan dengan tingkat kemiringan yang ekstrem. Selain itu, di lokasi ini juga sering terjadi longsor saat musim hujan.

“Kalau lebih diperinci lagi, dari enam kecamatan itu ada 54 desa yang masuk zona merah rawan longsor,” kata Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Budhi Harjo kepada Harianjogja.com, Kamis (4/2/2016).

Memasuki puncak musim hujan yang diprediksi terjadi hingga akhir Februari, masyarkat diminta untuk terus waspada adanya bahaya longsor. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengurangi risiko terjadi musibah itu, misalnya dengan pemasangan early warning system (EWS) di sejumlah titik, atau dengan membentuk desa siaga bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement