Advertisement

KANTONG PLASTIK BERBAYAR : Toko Modern di Bantul Segera Dilarang Sediakan antong Plastik

Arief Junianto
Selasa, 23 Februari 2016 - 21:20 WIB
Nina Atmasari
KANTONG PLASTIK BERBAYAR : Toko Modern di Bantul Segera Dilarang Sediakan antong Plastik Konsumen berbelanja di Hypermart Lippo Plaza Jogja. (Kusnul Isti Qomah/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Kantong plastik berbayar di toko modern di Bantul akan diperkuat dengan aturan

Harianjogja.com, BANTUL- Sebagai salah satu gebrakan awal masa kepemimpinannya, Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslich akan segera menerapkan aturan terkait dengan kebijakan membawa kantong belanjaan sendiri di toko-toko modern.

Advertisement

Hal tersebut sebagai salah satu upaya dari pemerintah dalam hal mengurangi banyaknya sampah plastik yang dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan.

Disampaikan oleh politisi yang akrab disapa Kang Halim ini ketika menjadi inspektur upacara di SMP 1 Bantul, Senin (22/2/2016), pihaknya masih akan mempelajari dasar aturannya terlebih dulu.

Pasalnya jika masyarakat masih diperbolehkan berbelanja dengan menggunakan tas plastik hanya dengan membayar Rp200, menurunya hal itu tak banyak berpengaruh.

“Karena nyatanya, saya yakin masih masyarakat memilih keluar uang Rp200 kan,” katanya.

Oleh karena itulah, ke depannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul akan melarang pemberian kantong plastik kepada pihak toko modern. Diakuinya, kampanye itu harus digalakkan lantaran plastik menurutnya sangat berbahaya bagi lingkungan. “Plastik butuh waktu lama untuk bisa terurai,” katanya.

Ia menjelaskan, persoalan lingkungan sebenarnya bisa diatasi bersama. Hanya saja, sayangnya, kebiasaan buruk masyarakat sendiri lah yang tanpa sadar ikut andil dalam pencemaran lingkungan itu.

Oleh sebab itu, sekolah lantas menjadi salah satu media paling tepat untuk menanamkan kebiasaan menjaga kebersihan dan pelestarian lingkungan itu. Rintisan sekolah berwawasan, menurutnya perlu lebih dikembangkan.

Terkait hal itu, salah satu karyawan toko modern di kawasan Banguntapan mengaku belum menerapkan aturan tas plastik berbayar tersebut. Diakuinya, hingga kini ia memang belum menerima instruksi dari pimpinan tempatnya bekerja untuk menerapkan kebijakan itu.

“Belum. Belum kami berlakukan. Belum ada instruksi dari pimpinan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement