Advertisement

MUSIM HUJAN : Curah Hujan Tinggi Beresiko Pergeseran Jalur Rel

Sekar Langit Nariswari
Rabu, 24 Februari 2016 - 02:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
MUSIM HUJAN : Curah Hujan Tinggi Beresiko Pergeseran Jalur Rel Executive Vice President (EVP) DAOP VI, Hendy Helmy melakukan pengecekan rutin terhadap jalur kereta api di Wates, pada Selasa (22/2/2016). Curah hujan tinggi beresiko menyebabkan pergeseran jalur kereta api karena longsoran tanah di sekitarnya. (Sekar Langit Nariswari/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Musim hujan mempengaruhi kondisi tanah

Harianjogja.com, KULONPROGO - Mengantisipasi pergeseran rel selama musim hujan, Daerah Operasional (DAOP) VI Jogja melakukan pengecekan jalur rel kereta api dari Stasiun Jenar, Purworejo hingga Klaten pada Selasa (23/2/2016). Tingginya curah hujan beresiko menyebabkan longsor di tanah di sekitar rel kereta api dan mengakibatkan pergeseran jalur.

Advertisement

Pengecekan tersebut dipimping langsung oleh Executive Vice President (EVP) DAOP VI, Hendy Helmy dengan dan jajaran. Ia menjelaskan pengecekan rutin dilakukan setiap dua bulan sekali. Pengecekan juga dilakukan Juru Penilik Jalan (JPJ) setiap hari. Namun, pengecekan juga mungkin dilakukan lebih sering dengan kondisi tertentu, salah satunya ketika curah hujan tinggi.

Hendy menguraikan musim hujan mengakibatkan adanya pergeseran jalur rel. Hal ini disebabkan hujan yang turun membuat longsoran tanah di sekitar rel dan mendesak letak posisi rel. Selain itu, hujan juga membuat kondisi tanah di sekitar rel miring.

“Karena jalur kereta itu ukurannya mili, harus tepat maka penting supaya jalurnya tetap sama,” ujarnya pada wartawan seusai pengecekan di Stasiun Wates, Wates.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement