DANA DESA : Dana Desa Sudah Berada di Rekening Desa

One hundred thousand rupiah notes are seen through a magnifying glass in this photo illustration taken in Singapore, in this file picture taken March 14, 2013. Banks in Singapore are stubbornly against adopting domestically set reference rates for derivative contracts in the Indonesia rupiah, despite preparing to drop their own rate fixing for the Malaysian ringgit and Vietnamese dong. To match Analysis MARKETS-INDONESIA/FIXING REUTERS/Edgar Su - Files (SINGAPORE / Tags: BUSINESS)
31 Mei 2016 13:50 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Dana desa di Gunungkidul sudah berada di rekening desa masing-masing

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Gunungkidul mengklaim dana desa termin pertama 2016 sudah ditransfer ke rekening masing-masing desa.

Dana yang dicairkan sebesar Rp61 miliar, sedangkan sisanya Rp42 miliar akan diberikan pada Agustus mendatang.

Kepala Bidang Badan Pemberdayaan Masyarakat, BPMPKB Gunungkidul Rakhmadian Wijayanto mengatakan, proses transfer dari kas daerah ke rekening masing-masing desa dilakukan sejak Rabu (25/5/2016) lalu.

Untuk persyaratan pencairan, pemkab meminta setiap desa untuk memberikan dokumen tentang laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran di 2015 dan APBdes 2016.

“Semua desa telah menyerahkan sehingga dana desa lansung kami transfer ke rekening yang dimiliki desa,” kata Rakhmadian.

Dia menjelaskan, pencairan dana desa berbeda dengan yang dilakukan di tahun lalu. Tahun ini pencarian dilakukan dalam dua termin, sedang di 2015 lalu dilakukan dalam tiga termin.

Untuk pencairan tahap pertama 2016 dana yang ditransfer dari pusat sebesar 60%, atau sekitar Rp61 miliar dari total yang diterima di Gunungkidul. Sedangkan sisanya Rp42 miliar akan diberikan pada Agustus nanti. “Saya pastikan yang termin kedua bisa cair tepat waktu,” katanya.