Advertisement

INOVASI MAHASISWA : Mahasiswa UGM Ciptakan Penderes Nira Otomatis

Uli Febriarni
Rabu, 22 Juni 2016 - 00:55 WIB
Nina Atmasari
INOVASI MAHASISWA : Mahasiswa UGM Ciptakan Penderes Nira Otomatis Empat mahasiswa yang menciptakan Alya, penderes nila otomatis berbasis sistem android pada smartphone.(foto istimewa)

Advertisement

Inovasi mahasiswa UGM ini mengurangi resiko kecelakaan penderes nira

Harianjogja.com, SLEMAN-Empat mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menciptakan alat penderes nila otomatis yang dapat dioperasikan dengan menggunakan smartphone yang berbasis android.

Advertisement

Alat yang diberi nama Alya ini diharapkan dapat mengurang jumlah kecelakaan kerja yang disebabkan karena jatuhnya para penderes dari pohon nila.

Salah satu tim pembuat Alya, yakni Mas Fariz Fadlilah Mufid menuturkan, cara yang masih konvensional dalam menderes nila, yakni memanjat pohon kelapa satu per satu untuk menderes atau menyadap nira dari masing-masing pohon, menyebabkan terancamnya nyawa penderes karena tingkat keselamatan kerja yang rendah.

Bukan hanya itu, cara ini juga dinilai tidak efisien serta menghabiskan banyak waktu.

Hal ini turut menjadi masalah utama pada UKM, paguyuban dan perusahaan yang bergerak di bidang ini. Padahal, sebagai salah satu penghasil gula jawa terbesar di dunia, produksi gula jawa harus ditingkatkan. Namun, alur produksi yang masih konvensional menyebabkan potensi produksi gula jawa menjadi kurang optimal.

Alya yang diciptakan bersama tiga mahasiswa lain, Asriawan Pasca Ramadhan, Kharisma Husna Wirasti, dan Vita Nurul Faizah tersebut mampu memotong manggar [bunga kelapa yang menghasilkan nira] secara otomatis, tanpa mengharuskan penderes untuk naik ke atas pohon.

Penderes cukup mengatur tinggi dan memposisikan lengan pada tubuh mesin secara horizontal, vertikal, dan radial sesuai dengan manggar yang akan dipotong dengan menggunakan tombol-tombol yang telah disediakan. Selanjutnya, penderes dapat memotong manggar dengan mengaktifkan gerinda.

“Alat ini dilengkapi dengan IP Camera dan tablet Android, sehingga penderes cukup mengendalikan dari bawah,” imbuh Fariz, dalam rilis diterima Harianjogja.com, Senin (20/6/2016).

Alya juga dilengkapi dengan penampung yang dapat secara otomatis mengetahui volume nira yang telah ditampung dan memberi tahu para penderes jika penampung sudah terisi penuh dengan tanda berupa cahaya LED dan bunyi. Selanjutnya, air nira pun siap untuk diolah.

“Tujuan akhir yang diharapkan adalah kebermanfaatan Alya sebagai alat penyadap nira otomatis yang inovatif, efisien, dan praktis, yang dapat menyelesaikan masalah pada mitra terkait dengan mengurangi resiko kecelakaan dan mensejahterakan hidup para penderes, serta meningkatkan potensi gula jawa di Indonesia sehingga meningkatkan devisa negara,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement