SEKOLAH DI JOGJA : Bahasa Inggris Memperkuat Persatuan Siswa

Siswa SMA Budi Mulia Dua memberikan materi permainan kepada siswa SMP dalam game di kegiatan English Day, Kamis (13/10/2016). (Harian Jogja - Arif Wahyudi)
14 Oktober 2016 19:20 WIB Jogja Share :

Sekolah di jogja, Budi Mulia Dua menguatkan interaksi antarsiswa dengan bahasa Inggris
Harianjogja.com, JOGJA- Sekolah Budi Mulia Dua memiliki konsep menarik untuk menguatkan interaksi dan tali silaturahmi di antara para siswa SMP dan SMA. Bahasa Inggris menjadi wahana yang digunakan untuk menguatkan keakraban siswa antar tingkat itu.

Keceriaan siswa tumpah dalam momen English Day di SMP-SMA Budi Mulia 2, Kamis (13/10/2016) pagi. Siswa SMP dan SMA saling berkolaborasi melakukan beragam kegiatan dalam kegiatan itu.

Segala percakapan yang dilakukan antara adik tingkat dan kakak tingkat itu pun semua harus melalui bahasa Inggris. Mereka sangat akrab meski sebelumnya jarang sekali bercakap-cakap langsung dalam keseharian di sekolah.

SMP dan SMA yang berada dalam satu komplek memungkinkan bereka berinteraksi secara langsung dalam kesehariannya. Kendati begitu wajar bila mereka tidak saling akrab.

Jenjang pendidikan yang mereka jalani di sekolah itu berbeda. Itulah yang menyebabkan siswa SMP sungkan untuk mengakrabkan diri dengan siswa SMA yang menjadi senior mereka.

"Tujuan kegiatan ini  memang menjalin keakraban lewat kedekatan emosional antara siswa SMP dan SMA. Para guru di sini akhirnya menemukan ide dengan konsep semacam English Day ini para siswa dari jenjang yang berbeda ini bisa saling akrab," ujar Koordinator English Day Ika Surtiani saat ditemui Harianjogja.com di sela-sela kegiatan.

Bersambung halaman 2

Dalam kegiatan itu, peran guru hanya sebagai fasilitator saja. Kepanitiaan dilaksanakan oleh siswa SMA.

Para SMP menjadi peserta dari permainan yang masuk dalam kegiatan English Day itu. Ada delapan macam permainan yang digelar. Mulai dari kompetisi video hingga adu cerdas dengan pertanyaan berbahasa Inggris.

"Ada juga whispering word yakni membisikkan pesan berantai. Kemudian juga ada permainan finding arjuna yakni adu cepat berebut kursi. Memperebutkan kursi tidak sesederhana yang dipikirkan karena instruksinya juga pakai bahasa Inggris," papar Ika.

Di Sekolah Budi Mulia Dua sendiri ada program khusus untuk meningkatkan bahasa Inggris siswa.Di tingkat SMA ada Global Assessment Certifitate (GAC). Lalu di tingkat  SMP diberlakukan English Proficiency Programe. Program tersebut rencananya juga akan diterapkan di tingkat SD.

Kegiatan English Day pun sangat membuat antusias para siswa. Mereka merasa mendapatkan pengetahuan lain dalam proses belajar yang mereka jalani.

"Model kegiatan seperti sangat asik. Di satu sisi kami bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris. Di sisi lainnya, kami bisa mengenal lebih dekat adik-adik di tingkat SMP,"  kata Tahnia Chairani Heidra, siswa kelas XII program GAC di sekolah itu.