PETERNAKAN SAPI SLEMAN : Produksi Daging Sapi Surplus

Ilustrasi sapi potong (Rachman/JIBI - Bisnis)
26 Oktober 2016 18:20 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Peternakan sapi di Sleman masih mencukupi untuk kebutuhan daging daerah

Harianjogja.com, SLEMAN- Populasi peternakan sapi potong di wilayah Sleman dinilai baik. Saat ini hasil produksi daging sapi dari peternak mengalami surplus atau melebihi kebutuhan konsumsi daging sapi Sleman.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan, peternakan sapi potong di Sleman pada 2015 memproduksi daging lebih dari 1.800 ton.

Sementara hingga September 2016, produksi daging sapi Sleman mencapai lebih dari 1.700 ton. Produksi daging sapi tersebut diperkirakan terus meningkat hingga akhir 2016.

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik [BPS] DIY, kebutuhan daging sapi Sleman hanya mencapai 302 ton saja. Ini menunjukkan produksi daging sapi surplus,” kata Muslimatun di sela-sela Tasyakuran Panen Pedet dan Sarasehan Ternak Sapi Potong, Kelompok Ternak Sapi ‘Mergo Andhini Makmur’ di Dusun Bolu, Margokaton, Seyegan, Selasa (25/10/2016).

Saat ini di wilayah Sleman terdapat 521 kelompok ternak sapi potong dengan jumlah peternak lebih dari 18.500 orang. Sedangkan jumlah sapi potong yang diternakkan tercatat lebih dari 53.000 ekor.

Bersambung halaman 2

Dia berharap, kondisi suplus daging sapi tersebut dapat terus ditingkatkan sehingga Sleman dapat menjadi lumbung daging sapi bagi daerah lain.

“Kami sudah melakukan banyak program untuk mendukung peternakan sapi potong. Mulai pengembangan budidaya sapi potong, penguatan pakan induk sapi potong, penguatan pakan sapi penggemukan, inseminasi buatan, penguatan betina produktif dan lain-lain,” jelasnya.

Kelompok Ternak Margo Andhini Makmur bergerak dalam bidang penyediaan bibit sapi potong  dan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO). Bibit sapi potong yang dihasilkan kelompok ternak ini jenis sapi Peranakan Ongole (PO).  Pada acara panen pedet tersebut, para penernak mengadakan upacara syukuran secara sederhana.

Ketua Kelompok Ternak Mergo Andhini Makmur Paniman Siswosudarsono menyampaikan jumlah sapi yang dikelola saat ini sebanyak 59 ekor. Terdiri dari 40 ekor induk, 11 pedet jantan dan delapan ekor pedet betina.