PEMKOT JOGJA : Ditunjuk Sebagai Plt Walikota Jogja, Ini Persiapan Sulistyo

Sulistyo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Jogja (Sunartono/JIBI - Harian Jogja)
27 Oktober 2016 10:21 WIB Sunartono Jogja Share :

Pemkot Jogja akhirnya memiliki pejabat pelaksana tugas.

Harianjogja.com, JOGJA --  Pemerintah Daerah (Pemda) DIY akhirnya buka suara terkait pejabat yang bakal menduduki kursi Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Jogja setelah sehari jelang pelantikan posisi tersebut.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menaruh kepercayaan kepada Sulistyo yang kini menjabat sebagai Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda DIY sebagai pejabat yang menduduki kursi Plt Walikota Jogja. Gubernur DIY akan melantik Sulistyo pada Kamis (27/10/2016) di Bangsal Kepatihan.

(Baca Juga :http://www.solopos.com/2016/08/11/pilkada-2017-siapa-plt-bupati-kulonprogo-dan-walikota-jogja-744107"> PILKADA 2017 : Siapa Plt Bupati Kulonprogo dan Walikota Jogja?)

Saat ditemui di Ruang kerjanya, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sulistyo mengakui dirinya sudah mendapatkan surat resmi terkait penunjukan dirinya sebagai Plt Walikota Jogja. Ia baru saja mendapatkan informasi itu pada Rabu (26/10/2016) siang. Bahkan kemarin keluarganya pun belum tahu,  dirinya bakal dilantik sebagai Plt Walikota Jogja hari ini.

"Tahunya besok kan pelantikan, lalu hari ini ada undangan [surat resmi dari Kemendagri] untuk besok pelantikan [saya dilantik], dapat info ya siang ini [kemarin siang]. Keluarga belum tahu, tetapi dengan undangan itu hari ini nanti tahu," ungkap mantan Kepala Dinsos DIY ini

Pemberitahuan dirinya diberi tugas baru itu melalui surat resmi yang dikirim oleh petugas di lingkungan Pemda DIY ke mejanya. Meski sempat berhembus kabar nama-nama yang diajukan ke pusat, akantetapi ketika itu, ia belum percaya jika belum ada surat resmi.

Sulistyo mengaku tidak ada persiapan khusus untuk pelantikan hari ini. Hanya mempersiapkan dirinya dengan berdoa kepada Tuhan agar diberi kekuatan untuk menjalankan amanah.

"Persiapan khusus cuma berdoa, agar bisa melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Semoga semuanya nanti pemerintahan [di Kota Jogja] berjalan lancar," ujar pria yang tinggal di Perum Jombor Baru, Mlati, Sleman ini.

Sulistyo menambahkan, dengan cutinya Walikota Jogja karena memasuki masa kampanye, maka harus ada pengganti agar roda pemerintahan dapat berjalan. Hal penting yang akan dilakukan selama menjabat adalah membuat para PNS di Pemkot Jogja tetap netral serta menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Jogja. Selain itu PNS jangan melakukan tindakan yang mengarah ke pelanggaran terkait Pilkada.

"Karena mau ada pilkada ya menjaga agar keamanan ketertiban netralitas teman-teman [PNS] semua, yang penting pelaksanaan Pilkada harus berjalan dengan baik. Biar mereka berdua [paslon] tampil maksimal melalui pemilihan dan siapapun nanti yang terpilih," tegasnya.