Advertisement

Penyelundupan 34 Satwa oleh Seorang Warga Negara Hongkong Berhasil Digagalkan di Bandara Adisutjipto

Selasa, 08 November 2016 - 14:47 WIB
Nina Atmasari
Penyelundupan 34 Satwa oleh Seorang Warga Negara Hongkong Berhasil Digagalkan di Bandara Adisutjipto Tersangka penyelundupan satwa, Kingfulouis Wong di Bandara Adisutjipto Jogja, Selasa (8/11/2016). (Yudho Priyambodo/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Penyelundupan satwa berhasil digagalkan

Harianjogja.com, SLEMAN- Aparat gabungan di Bandara Adisutjipto Jogja berhasil menggagalkan upaya penyelundupan puluhan satwa oleh seorang warga negara Hongkong, Selasa (8/11/2016).

Advertisement

Kingfulouis Wong ditangkap karena membawa koper yang tidak terdeteksi X-Ray saat masuk bandara. Saat dibuka, di dalam koper tersebut terdapat 34 satwa jenis burung, tiga di antaranya dilindungi, yakni kakatua, colibri dan luntur Jawa.

Satwa tersebut dimasukkan dalam botol minuman dan keranjang yang dilapisi dengan alumunium foil sehingga tidak terbaca oleh X-Ray. Bungkusan hewan-hewan itu diselipkan di antara makanan dan pakaian.

Hewan-hewan tersebut tampak dibasahi bulunya sebelum dimasukkan. Hal ini diduga agar hewan tetap bisa mendapatkan oksigen.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta, Wisnu Haryana mengungkapkan berdasar pengakuannya, tersangka adalah seorang pecinta burung.

"Ia mendapat informasi dari seorang pembatunya yang merupakan warga negara Indonesia bahwa di negara ini terdapat aneka burung," jelas Wisnu.

Tersangka yang sudah empat kali ke Jogja itu mengaku membeli burung-burung tersebut di Solo.

Wisnu menambahkan tersangka dibawa ke Polda DIY untuk penyidikan lebih lanjut oleh Direktorat Resor Kriminal Khusus (Direskrimsus).  Tersangka akan dikenakan UU nomor 16 tahun 1993 tentang Karantina Hewan dan Tumbuhan dengan ancaman hukuman 3 tahun penjara atau denda Rp150 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement