WISATA JOGJA : Taman Pintar Buka Wahana Baru, Science Theater untuk Menonton Film Edukasi

Suasana science theater di Kompleks Taman Pintar Jogja yang diresmikan, Senin (5/12/2016). (Sunartono/JIBI - Harian Jogja)
05 Desember 2016 11:55 WIB Sunartono Jogja Share :

Wisata Jogja di Taman Pintar memiliki wahana baru

Harianjogja.com, JOGJA - Plt Walikota Jogja Sulistyo meresmikan sejumlah fasilitas baru di Taman Pintar, yang berlokasi di Kompleks Taman Pintar Jogja di Jalan Panembahan Senopati 1 -3, Gondomanan, Kota Jogja, Senin (5/12/2016) pagi. Science theater menjadi salahsatu dari sejumlah fasilitas baru di Kompleks Taman Pintar.

Kepala Kantor Pengelolaan Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono menjelaskan, sejumlah fasilitas baru yang ada di Taman Pintar antara lain, science theater, zona etika lalu lintas, e-tiket, perpustakaan, fun lab dan perluasan Masjid. Peresmian itu sekaligus untuk menandai usia ke-8 Taman Pintar yang jatuh pada 16 Desember 2016 mendatang.

"Zona etika lalu lintas ini berada di area Play Ground menjadi pelengkap 50 zona peraga pendidikan yang ada. Ini hasil kerjasama dengan PT Astra Honda Motor," ungkapnya di sela-sela peresmian, Senin (5/12/2016).

Ketua Yayasan Astra Honda Motor Andi Hartanto menambahkan, di area tersebut, pengunjung terutama anak-anak mendapatkan pembelajaran etika berlalulintas hingga pengetahuan teknologi otomotif roda dua.

Menurutnya antusiasme pengunjung sangat tinggi terutama di zona otomotif yang sebelumnya telah ada. Oleh karena itu pihaknya mengembangkannya dengan membangun zona baru.

"Kami [Astra Honda Motor] sejak 2009 sudah lama menjadi CSR di Taman Pintar ini," ungkap dia.

Yunianto mengatakan, untuk perpustakaan dan science theater berkapasitas 58 kursi menempati gedung yang sebelumnya merupakan Gedung Memorabilia. Kini perpustakaan Taman Pintar bisa diakses masyarakat tanpa harus membeli tiket masuk gedung.

Selain buku-buku, perpustakaan juga menampilkan video pembelajaran sains seryta e-library. Sedangkan science theater, menjadi fasilitas penunjang pembelajaran melalui kegiatan pemutaran film edukasi dan science show.