NATAL & TAHUN BARU : Ribuan Bus dan Taksi Siap Angkut Penumpang

Ilustrasi bus Damri (JIBI/Solopos - Dok.)
15 Desember 2016 22:47 WIB Sunartono Jogja Share :

Natal & Tahun Baru, persiapan menjelang kedatangan wisatawan.

Harianjogja.com, JOGJA -- Dinas Perhubungan DIY menyiapkan ribuan bus dan taksi untuk mendukung angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2017. Angkutan jalan dari berbagai jenis layanan itu memiliki daya tampung sekitar 82.600 penumpang.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY Harry Agus Triono menjelaskan, hasil koordinasi dengan Organda DIY, PT Angkasa Pura Bandara Adisutjipto dan PT Kereta Api Daop VI, secara keseluruhan armada umum telah disiapkan untuk mengangkut penumpang selama libur Natal 2015 dan Tahun Baru 2017. Jumlah armada yang disiapkan nyaris sama saat operasi Lebaran 2016 lalu. Adapun jumlah angkutan jalan disiapkan total 2.936 unit. Sedangkan angkutan kereta api sebanyak 57 unit kereta dan angkutan udara total 78 penerbangan domestik dan internasional.

"Ini ketersediaannya sama dengan lebaran, termasuk hari biasa juga sekian itu, hanya memang tidak terpakai semua. Jarak jauh seperti AKAP juga tidak terlalu signifikan, kalau reguler pun [jumlah penumpang] naik setengah [dari hari biasa] saja itu sudah bagus, biasanya ada beberapa bus yang tidak jalan," terangnya, Kamis (15/12/2016).

Ia menambahkan, dari total 2.936 unit angkutan jalan, terbagi atas 1.887 bus dengan daya angkut penumpang 79.466 orang. Bus tersebut berasal dari berbagai jenis pelayanan seperti antar kota antar propinsi (AKAP), angkutan kota dalam propinsi (AKDP), angkutan pariwisata, angkutan antar jemput, angkutan perkotaan dan angkutan moda pemandu. Selain itu masih didukung 1.049 unit mobil penumpang umum (MPU) yang terdiri atas 1.025 diantaranya merupakan jenis taksi. Semua jenis MPU yang disiapkan ini mampu mengangkut sekitar 3.171 penumpang.
"Untuk angkutan jalan total daya angkut 82.637 penumpang. Semua angkutan layak jalan. Angkutan itu yang sudah memiliki izin," imbuh Harry.

==