Bikin Macet, Pedagang dan Parkir Pasar Setan Dipindah

Sejumlah petugas membongkar lapak pedagang Pasar Setan, Maguwoharjo yang berada di tepi jalan pada Rabu (3/5/2017). (Sekar Langit Nariswari/JIBI - Harian Jogja)
04 Mei 2017 00:22 WIB Sekar Langit Nariswari Sleman Share :

Pasar Setan di Maguwoharjo ditata

Harianjogja.com, SLEMAN -- Pemindahan areal parkir dan pedagang di Pasar Setan, Maguwoharjo, Depok yang berada di bahu jalan dilakukan Rabu (3/5/2017). Pengaturan dilakukan untuk memecah kepadatan lalu lintas yang diakibatkan pasar yang berada di persimpangan jalan tersebut.

Petugas gabungan dari kecamatan, Satpol PP, dan petugas kepolisian mulai membongkar sejumlah lapak yang berada di sisi jalan. Dipasang pula papan peringatan tanda larangan berdagang di tepi jalan. Pedagang yang semula banyak berjualan di tepi jalan sisi timur pasar dipindahkan ke sisi barat. Selain itu, lokasi parkir bagi pembeli juga dipindahkan ke lapangan desa yang berada di sisi yang sama.

Kasidi, pengelola pasar Setan, mengatakan pemindahan pasar desa ini sebenarnya telah direncanakan sejak lama. Sedikitnya, ada 140 pedagang yang telah dipindahkan masuk ke areal pasar. Sebelumnya sudah ada sekitar 260 pedagang yang berjualan di dalam areal pasar itu. Ia menyampaikan jika pendafataran bagi pedagang juga masih terus dilakukan khususnya untuk pasar sore.

“Jika ada yang mau berjualan sore hari, sekarang masih dalam tahap pendataan,”jelasnya ditemui kemarin.

Menurut dia, pemindahan ini tidak mendapatkan penolakan berarti dari pedagang. Pemindahan ini juga telah disosialisakan oleh perangkat desa sejak beberapa waktu sebelumnya.