Advertisement

KEBAKARAN BANTUL : Perumahan Bertambah, Kasus Tinggi, Ini Penyebabnya

Rheisnayu Cyntara
Senin, 08 Mei 2017 - 21:55 WIB
Mediani Dyah Natalia
KEBAKARAN BANTUL : Perumahan Bertambah, Kasus Tinggi, Ini Penyebabnya Si jago merah, Senin (5/12/2016) malam, melumat pabrik mebel PT Danao Living di Kuripan, Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng). Petugas pemadam kebakaran (damkar) segera meluncur ke lokasi begitu menerima inforrmasi terbakarnya pabrik yang bergerak dalam pembuatan mebel ekspor dengan kualitas premium tersebut. Akibat kebakaran tersebut, PT Danao Living ditaksir menanggung kerugian yang mencapai miliaran rupiah. (JIBI/Solopos/Antara - Aji Styawan)

Advertisement

Kebakaran Bantul mayoritas disebabkan kesalahan manusia

Harianjogja.com, BANTUL -- Makin bertambahnya perumahan dan tempat industri di wilayah Kabupaten Bantul ditengarai menjadi salah satu penyebab tingginya kasus kebakaran meskipun curah hujan masih cukup tinggi. Tercatat pada triwulan pertama tahun 2017, sudah ada 18 kejadian kebakaran.

Advertisement

Wakil ketua satuan tugas pemadam kebakaran, Yohanes Widyatmoko mengatakan kebakaran akibat konsleting listrik menjadi penyumbang terbesar jumlah kasus kebakaran pada tahun ini. Menurutnya, hal tersebut disebabkan karena human error yaitu penggunaan kabel yang tidak sesuai dengan tegangan listrik yang dialirkan dan perangkaian alat-alat listrik yang tidak rapi.

"Kalau di perumahan banyak vendor yang tidak memperhatikan kegunaan kabel, tidak mengukur kekuatan kabel tersebut sebenarnya sebesar apa," ujar dia kepada Harianjogja.com, Senin (8/5/2017).

Sedangkan penyebab kebakaran yang terbesar kedua yaitu kebocoran tabung gas. Menurut Yohanes, masyarakat khususnya para ibu rumah tangga belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang penggunaan tabung gas. Masyarakat juga belum mengerti bagaimana cara menangani kebakaran yang disebabkan oleh tabung gas dengan menggunakan peralatan seadanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement