RAMADAN 2017 : Pantauan Rutin Sembako Tiap Hari, Pantauan Khusus di Awal Puas

Ilustrasi Sembako (Dok/JIBI - Solopos)
24 Mei 2017 04:21 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Ramadan 2017 dipersiapkan dengan memastikan ketersediaan sembako

Harianjogja.com, SLEMAN -- Stok bahan kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran mendatang dinilai mencukupi. Pemkab Sleman akan terus memonitor perkembangan kebutuhan masyarakat untuk menghindari adanya kelangkaan stok.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman Tri Endah Yitnani mengatakan, pantauan kebutuhan masyarakat dan komoditas pasar dilakukan rutin setiap hari. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kondisi terkini harga dan stok komoditas yang dibutuhkan masyarakat.

"Untuk pantauan khusus, kami akan laksanakan pada 30-31 Mei. Jadi awal puasa. Meski begitu, pantauan rutin dilakukan setiap hari," kata Endah kepada Harianjogja.com, Selasa (23/5/2017).

Diakuinya, sejumlah komoditas menjelang puasa ini mengalami kenaikan. Persoalan tersebut, katanya, sesuai mekanisme pasar di mana banyak permintaan yang dibutuhkan masyarakat. Namun dia menjamin, kenaikan harga yang terjadi masih wajar.

"Kami terus upayakan kerjasama secara intensif dengan Bulog agar harga-harga tidak meningkat cukup tinggi. Terutama untuk komoditas gula, beras dan minyak goreng," katanya.

Terkait langkah Polda DIY mengantisipasi upaya penimbunan dan kelangkaan sembako, Endah mengatakan, antisipasi tersebut melibatkan berbagai sektor. Bahkan, katanya, badan intelejen negara (BIN) juga sudah bergerak melakukan hal itu.

"Tugas kami memantau harga saja dan sebagian stok sesuai kewenangan kami. Kami sudah lakukan pendataan di pasar-pasar dan beberapa distributor," jelasnya.