Advertisement

Masyarakat Perlu Ikuti Perkembangan Jasa Keuangan

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 29 Mei 2017 - 21:55 WIB
Nina Atmasari
Masyarakat Perlu Ikuti Perkembangan Jasa Keuangan

Advertisement

Jasa keuangan semakin tumbuh pesat. Namun perkembangan itu belum sepenuhnya diikuti oleh masyarakat

 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Jasa keuangan semakin tumbuh pesat. Namun perkembangan itu belum sepenuhnya diikuti oleh masyarakat.

Kepala Sub Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK DIY Agus Prayitno menyampaikan, perkembangan sektor jasa keuangan di Indonesia tumbuh dengan pesat. Beragam produk dan layanan keuangan ditawarkan kepada masyarakat.

Disisi lain, masyarakat belum sepenuhnya memahami produk dan layanan tersebut sehingga produk-produk yang ditawarkan belum dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraannya.

"Selain itu, seringkali terjadi perselisihan di antara lembaga jasa keuangan dengan nasabah yang merasa dirugikan, baik itu akibat kurangnya penjelasan yang diberikan, maupun ketidakpahaman masyarakat akan produk yang dibelinya," katanya saat menyampaikan materi literasi keuangan di Hotel Eastparc, belum lama ini.

Saat ada perselisihan pun, belum sepenuhnya masyarakat bisa memahami kemana mereka bisa menyelesaikan permasalahan keuangan yang dihadapinya.

Hal itu seperti yang dialami Siwi salah satu perempuan asal Bantul. Ia mengakui selama ini pihaknya belum banyak mengenal tentang tata cara dalam dunia keuangan, salah satunya perbankan.

"Sekarang jadi tahu, ternyata kalau punya masalah dengan bank bisa melapor ke OJK. Selama ini tahunya hanya diselesaikan dengan bank-nya saja," tuturnya.

Menanggapi kenyataan itu, Yunian selaku staf Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK DIY berharap masyarakat dapat mengetahui tugas dan fungsi OJK termasuk Lembaga Jasa Keuangan yang terdaftar di OJK. "Semoga berhati-hati dalam melakukan investasi agar supaya tidak terjebak dengan investasi ilegal," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement