Advertisement

Rani Pensiun, Sulistyo Jadi Plt Sekda DIY

Ujang Hasanudin
Rabu, 31 Mei 2017 - 22:36 WIB
Nina Atmasari
Rani Pensiun, Sulistyo Jadi Plt Sekda DIY Sulistyo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Jogja (Sunartono/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda DIY Sulistyo ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda DIY

 
Harianjogja.com, JOGJA- Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda DIY Sulistyo ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda DIY menggantikan Penjabat Sekda DIY Rani Sjamsinarsi yang memasuki masa pensiun.

Advertisement

Meski belum membubuhkan tandatangan SK penunjukan Plt Sekda, namun Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X sudah bulat memutuskan Sulistyo sebagai Plt Sekda DIY.

Jabatan Sekda DIY hingga awal Juni 2017 belum ada yang definitif. Proses seleksi terhadap peserta masih berlangsung. Tiga nama pejabat hasil seleksi telah diajukan ke Kemendagri untuk dipilih salahsatu diantaranya yang terbaik.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X memutuskan untuk menunjuk Plt Sekda DIY, setelah Rani Sjamsinarsi memasuki masa pensiun sejak Rabu (31/5/2017).

Kemendagri belum memberikan keputusan salahsatu dari tiga nama yang diajukan oleh DIY ke pusat sebagai calon Sekda DIY melalui proses seleksi. "Belum [ada nama Sekda definitif], itu keputusan Pusat," ungkap HB X, Rabu (31/5/2017) di Kepatihan.

Ketiga nama yang dinyatakan lolos seleksi dan telah diajukan ke Kemendagri antara lain, Gatot Saptadi yang juga Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda DIY. Dalam surat Pengumuman Nomor 821/03831/Pansel JPT DIY/2017 tentang hasil seleksi jabatan pimpinan tinggi madya Sekda DIY 2017, Gatot berada di urutan pertama.

Surat yang ditandatangani Sumarsono itu juga memuat RM Astungkoro yang kini menjabat sebagai Sekda Kulonprogo berada di urutan kedua dan di urutan ketiga ada Noor Arofah Indriani yang juga Kepala Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPKP) DIY.

Sultan menambahkan, karena belum ditetapkannya salahsatu dari ketiga nama tersebut oleh Kemendagri maka pihaknya melakukan penunjukan Plt Sekda. Penunjukan Plt Sekda sekaligus untuk melakukan percepatan penanganan program yang ada di Pemda DIY.

HB X menegaskan, setelah melalui rapat bersama pada Rabu (31/5/2017) siang, diputuskan Sulistyo sebagai Plt Sekda DIY. Namun, Sultan mengakui belum menandatangani SK terhadap penunjukan Sulistyo.

"Saya minta tadi, tetapi SK-nya belum saya tandatangani. Ya, Pak Sulis-lah [Sulistyo Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan]," ungkap Sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement