Advertisement

Januari Diprediksi Jadi Puncak Musim Hujan

David Kurniawan
Kamis, 04 Januari 2018 - 18:55 WIB
Kusnul Isti Qomah
Januari Diprediksi Jadi Puncak Musim Hujan

Advertisement

“Januari jadi puncak musim hujan dengan intesitas tinggi"

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Puncak musim hujan diprediksi terjadi di Januari 2018. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul meminta masyarakat untuk waspada terhadap potensi bencana yang terjadi saat musim penghujan.

Advertisement

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul Sutaryono mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY, hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi hingga Maret mendatang. Namun, untuk puncak musim hujan diprediksi terjadi di bulan ini. “Januari jadi puncak musim hujan dengan intesitas tinggi,” kata Taryono kepada wartawan, Kamis (4/1/2018).

Menurut dia, puncak musim hujan harus benar-benar diwaspadai karena dapat memicu terjadinya bencana. Oleh karena itu, mayarakat diminta terus waspada dan berhati-hati terhadap potensi bencana.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan BPBD, di Gunungkidul terdapat beberapa potensi bencana mulai dari tanah longsor, banjir hingga angin kencang. Untuk tanah longsor, kata Taryono, potensi bencana terdapat di tujuh kecamatan meliputi Purwosari, Patuk, Gedangsari, Nglipar, Ngawen, Semin dan Ponjong.

Sementara itu, untuk banjir berpotensi terjadi di wilayah Tanjungsari dan lokasi-lokasi yang berada di bantaran Sungai Oya maupaun Besole. “Kalau untuk angin kencang potensinya merata di seluruh wilayah,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya musibah, BPBD telah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya dengan memperluas cakupan desa siaga bencana di Gunungkidul. Selain itu, untuk penanganan saat terjadi bencana, personel BPBD juga sudah disiagakan dan siap diterjunkan sewaktu-waktu terjadi bencana.

“Kami juga menjalin komunikasi dengan relawan-relawan bencana, tagana hingga aparat keamanan mulai dari polisi hingga TNI,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement