Advertisement

Rendahnya Regenerasi Pendonor Darah di Kulonprogo

Beny Prasetya
Jum'at, 19 Januari 2018 - 17:20 WIB
Nina Atmasari
Rendahnya Regenerasi Pendonor Darah di Kulonprogo

Advertisement

Palang Merah Indonesia (PMI) Kulonprogo kesulitan untuk melakukan regenerasi penderma di Kulonprogo

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kulonprogo kesulitan untuk melakukan regenerasi penderma di Kulonprogo.

Advertisement

Menurut Kepala Bagian Teknis, PMI Kulonprogo, Eti Herani, regenerasi penderma di Kulonprogo saat ini terbilang minim. Kebanyakan penderma yang ada di kabupaten geblek ini malah berumur 30 tahun ke atas.

"Memang untuk yang berusia remaja, seperti pelajar dan mahasiswa sedikit jumlahnya. Hal itu menjadi tantangan kita untuk memperbanyak," ungkapnya, Kamis (18/1/2018).

Kurangnya regenerasi itu sebenarnya telah lama diketahui PMI Kulonprogo. Tatkala libur kuliah berlangsung, Kulonprogo  tidak mengalami penurunan jumlah penderma seperti yang terjadi di PMI Jogja. Malah penurunan jumlah penderma di Kulonprogo terjadi saat libur biasa dan bulan puasa.

"Karena yang menjadi pendonor orang Kulonprogo sendiri, jadi turunnya di saat mereka liburan atau bulan puasa," katanya.

Terkait besarannya, Eti tidak bisa memastikan presentase umur penderma di Kulonprogo. Namun Eti meyakini jumlah penderma usia remaja tengah mengalami penurunan.

"Kalau mereka sekali memberikan darah biasanya kembali lagi. Makanya untuk mengajak remaja untuk mendonor darah memang sedang menjadi sasaran di 2018 ini," ungkapnya.

Sebenarnya, program sosialisasi dan event di sekolah, universitas, dan karangtaruna telah dilakukan PMI. Hanya saja, program untuk menggaet remaja untuk menjadi penderma masih belum menunjukkan hasil yang baik.

"Makanya kita gencar promosi di sekolah dan karangtaruna. Kalau sudah membuat kelompok donor darah kami akan maintenance mereka, tiga bulan sekali," katanya.

Sementara Mahasiswi Institut Perguruan dan Ilmu Pendidikan, Fina Melianisa, 21, mengungkapkan dirinya tidak melakukan kegiatan donor darah selama ini. Hanya saja, dirinya memang menginginkan bahwa kegiatan bersifat amal itu ia lakukan.

"Bukan saya tidak berani, hanya saja saya tidak cukup bobotnya," kata mahasiswi semester lima itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lewati Sepekan, Total Gempa Susulan di Bawean Capai 383 Kali

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement